by

5 Hal Mengenai Hamil Kosong dalam Padangan Islam yang Perlu Diketahui

Dalam menjalani hidup sehari-hari, setiap orang muslim pasti akan berpatokan dengan syariat islam yang telah diajarkan melalui Al-Qur’an dan Hadist. Islam telah mengatur berbagai aspek kehidupan, seperti kehamilan yang diberikan kepada manusia sebagai anugerah dari Allah.

Namun, terkadang tidak semua orang mengalami kehamilan yang normal dan sehat, terkadang beberapa orang akan mengalami abnormal kehamilan seperti hamil kosong. Berikut ini terdapat penyebab hamil kosong dalam dunia medis, yaitu:

  • Kelainan kromosom
  • Kualitas sel telur yang buruk
  • Kualitas sperma yang buruk
  • Genetik, jika ayah atau ibu memiliki hubungan dekat atau sedarah

Sementara itu, islam memiliki pandangan terkait hamil kosong yang perlu diketahui, antara lain:

1. Hamil Kosong Menurut Pandangan Islam

hamil kosong

Islam tidak memiliki definisi khusus terkait hamil kosong, tetapi secara medis, hamil kosong diartikan sebagai embrio tidak berkembang seperti yang seharusnya, sehingga dalam kandungan tidak ada janin. 

Bagi ibu hamil yang tidak melakukan pemeriksaan kandungan secara rutin, mungkin akan terlihat janin hilang secara tiba-tiba, tetapi memang janin tidak berkembang sejak awal kehamilan dan kurangnya perhatian untuk melakukan pemeriksaan rutin dengan USG.

2. Mitos Mengenai Hamil Kosong: Janin Diambil oleh Jin

hamil kosong

Dalam menyikapi hamil kosong, banyak masyarakat sekitar yang beranggapan bahwa janin tersebut diambil oleh jin. Bagi seorang muslim, Anda harus menyikapi hal tersebut dengan bijak dan berserah diri kepada Allah SWT, sebab manusia tidak mengetahui proses kehamilan secara detail, kecuali Allah SWT.

Selain itu, hamil kosong dapat dilihat dari pandangan medis. Sebab banyak ibu yang tidak menyadari bahwa janin selama masa kehamilan tidak berkembang, karena kurang rutin memeriksakan kondisi kehamilan sejak awal yang seharusnya dapat terdeteksi melalui USG.

3. Islam Melarang Percaya Pada Hal yang Syirik

hamil kosong

Seperti yang kita ketahui terkait hamil kosong dalam pandangan masyarakat sekitar yaitu janin yang diambil oleh jin. Terdapat sebuah ritual syirik yang meminta kepada jin tersebut untuk membawa janin yang diambil kembali kepada ibu yang mengandung.

Hal tersebut termasuk syirik dan islam tidak pernah memberikan ajaran dalam melakukan aktivitas yang syirik. Jadi lebih baik Anda menjauhkan diri dari hal syirik, karena bertentangan dengan ajaran islam, serta bisa merusak akidah dan keimanan seseorang.

4. Percayakan Kondisi Hamil Kosong Kepada Ahlinya

hamil kosong

Bagi orang muslim yang mengalami hamil kosong, Anda bisa percayakan kondisi hamil kosong kepada ahlinya, yaitu dokter kandungan. Selain itu, Anda bisa berserah diri kepada Allah SWT dan ikhlas secara perlahan.

Lebih baik Anda jangan mempercayai hal-hal gaib semacam janin yang diambil oleh jin, karena tidak ada buktinya dan hal ini termasuk syirik dalam islam.

5. Memberi Nama Pada Bayi yang Keguguran

hamil kosong

Ibu yang mengalami hamil kosong atau keguguran alami, sebaiknya memberikan nama pada bayi tersebut. Terdapat penjelasan dari Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar yang menyatakan bahwa disunnahkan untuk memberikan nama pada bayi yang keguguran.

Selain itu, para ulama dari kalangan madzhab Syafi’i juga memberikan penjelasan terkait hamil kosong yang berisikan “Disunnahkan untuk memberikan nama pada bayi yang telah meninggal dunia sebelum diberikan nama.” 

Itulah ulasan mengenai hamil kosong yang dilihat dari pandangan islam. Bagi orang muslim yang mengalami kondisi kehamilan abnormal atau hamil kosong, Anda lebih baik berserah diri kepada Allah dan ikhlas, serta lebih baik jauhi hal yang syirik.

News Feed