by

5 Manfaat Aplikasi ERP untuk Divisi IT dalam Sebuah Perusahaan

Selain divisi keuangan, divisi IT adalah bagian paling penting dalam sebuah perusahaan. Divisi ini bertanggung jawab memelihara teknologi dalam perusahaan agar operasional berjalan dengan lancar. Mengingat tugasnya yang cukup berat, maka perusahaan Anda butuh aplikasi ERP agar produktivitas divisi meningkat.

Untuk mengetahui apa saja manfaat penerapan software ERP bagi divisi IT, berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda.

Manfaat Software ERP Bagi Divisi IT

Tak hanya bertugas untuk memelihara teknologi dalam perusahaan, divisi IT juga bertanggung jawab pada keamanan data. Sebab itulah, divisi ini merupakan salah satu bagian dengan tugas paling berat.

  1. Keamanan data semakin meningkat

Manfaat pertama dari penerapan sistem ERP untuk divisi IT adalah keamanan data yang semakin meningkat. Sebab aplikasi ERP dilengkapi dengan perlindungan yang kuat. Selain itu, tidak semua orang dapat mengakses aplikasi ERP.

Dengan meningkatnya keamanan data, maka risiko kebocoran data pun akan menurun. Bagi suatu perusahaan, kebocoran data merupakan hal fatal yang bisa membuat perusahaan merugi.

Terlebih lagi jika data perusahaan bocor ke tangan kompetitor. Bukan tidak mungkin, strategi pemasaran yang Anda terapkan pada perusahaan akan ditiru oleh perusahaan kompetitor.

  1. Kolaborasi meningkat

Manfaat kedua dari penggunaan aplikasi ERP adalah kolaborasi tim yang meningkat. Dalam divisi IT, kolaborasi sangatlah penting untuk menciptakan kinerja yang maksimal dan iklim yang positif. Sebab divisi ini saling tergantung satu sama lain untuk memaksimalkan teknologi dalam perusahaan.

Jika kolaborasi tim tidak solid, maka kinerja tim IT pun akan terganggu. Akibatnya, informasi penting dari perusahaan akan terhambat karena adanya ketidakkompakan.

  1. Akurasi yang maksimal 

Manfaat yang ketiga adalah akurasi yang maksimal. Baik dalam pembagian tugas, pengerjaan tugas, hingga pengambilan keputusan dalam divisi maupun antar divisi. Dengan terciptanya akurasi yang maksimal, divisi IT dapat bekerja secara lebih maksimal.

  1. Alur kerja lebih sederhana

Manfaat penting lainnya adalah alur kerja yang lebih sederhana. Dengan alur kerja yang lebih sederhana, karyawan dapat memahami apa harus mereka lakukan. Selain itu, progress kerja dapat terpantau secara realtime, sehingga produktivitas karyawan akan meningkat.

  1. Dukungan meningkat

Terakhir, dukungan tim IT akan lebih meningkat berkat penggunaan aplikasi ERP. Pemeliharaan teknologi yang meningkat tentunya akan membuat aktivitas perusahaan lebih terkontrol. Dengan begitu, semakin mudah pula bagi setiap divisi untuk memenuhi target perusahaan.

Aplikasi ERP untuk Dukungan Perusahaan

Setelah mengetahui manfaat aplikasi ERP bagi divisi IT, Anda juga harus mengetahui software mana yang bagus untuk aplikasi Anda. Salah satu aplikasi ERP terbaik yang dapat Anda andalkan adalah Zahir ERP. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk bidang penjualan, manufaktur, grosir, dan lain sebagainya.

Ada sejumlah keunggulan yang Zahir ERP tawarkan seperti kemudahan dalam mengelola stok, pengelolaan utang piutang, hingga laporan keuangan yang transparan. Lebih lanjut, aplikasi ini memudahkan Anda dalam mengelola multi departemen, manajemen aset, CRM, dan procurement.

Zahir ERP juga menawarkan layanan yang cukup lengkap. Mulai dari implementasi perangkat lunak akuntansi, pengembangan perangkat lunak akuntansi, hingga layanan untuk perangkat lunak yang dirancang secara khusus bagi bisnis Anda. Soal fitur, aplikasi ERP ini juga mempunyai fitur yang lengkap, sehingga dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Demikianlah manfaat aplikasi ERP untuk divisi IT yang harus Anda ketahui. Jika ingin pengelolaan perusahaan lebih terkontrol, tak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi Zahir ERP sekarang juga.

News Feed