by

5 Pentingnya Anak Diajarkan Cara Belajar Membaca Sejak Dini

“Membaca membuka jendela dunia”, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan quote yang satu ini. Ada banyak manfaat yang didapatkan dari membaca, salah satunya menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Untuk meningkatkan minat baca pada anak, orang tua berperan penting untuk mengajari cara belajar membaca kepada anak sejak dini.

Namun, tak sedikit orang tua merasa bingung kapan saat yang tepat untuk mengajari anak membaca. Dan akhirnya orang tua pun melepaskan anak untuk belajar mandiri di sekolah nanti. Padahal, sedini mungkin anak harus dikenalkan dengan buku dan diajari membaca oleh orangtua. Anak juga bisa mengikuti kursus membaca sejak dini.

5 Alasan Pentingnya Anak Membaca Sejak Dini

Ada banyak manfaat membaca yang dirasakan anak, ketika mereka sudah diajarkan membaca oleh orangtuanya. Dimana kebiasaan membaca sejak dini dapat menumbuhkan dan menuntun anak untuk senang membaca. Adapun berikut ini merupakan 5 alasan mengapa anak perlu diajarkan cara belajar membaca sejak dini, di antaranya yaitu:

  1. Menambah Kosakata pada Anak

Salah satu cara efektif untuk menambah kosakata pada anak yaitu dengan membiasakan anak membaca sejak dini. Dengan membaca, maka anak dapat mengerti konteks dan makna kosakata dari bacaan tersebut. Mereka juga akan mendapatkan beragam kosakata yang dapat mewarnai setiap celotehannya.

  1. Menambah Kemampuan Pemahaman Anak

Ketika anak sudah diajarkan cara belajar membaca sejak dini, maka tanpa disadari kemampuan pemahamannya akan meningkat. Dimana mereka harus berlatih dalam memahami kalimat yang terbilang susah-susah gampang.

Selain memahami kalimat dalam bacaan, anak-anak juga dapat memahami pelajaran baik dari buku yang Ia baca. Hal tersebut melatih anak untuk dapat mengidentifikasi apa yang orang lain bicarakan.

  1. Membangun Pola Pikir Anak

Meskipun terbilang masih kecil, namun membangun pola pikir anak sangat penting untuk kehidupannya nanti. Ketika anak memiliki pola pikir yang lebih dewasa, maka mereka dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik dalam kehidupannya.

Pola pikir juga dapat membangun karakter anak lebih baik seperti rajin menabung, rajin bersedekah, tidak berbohong, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, anak perlu diajarkan membaca sejak dini oleh orang tua melalui buku belajar membaca untuk membangun pola pikirnya.

  1. Meningkatkan Imajinasi Anak

Anak-anak memiliki imajinasi yang sangat bagus. Untuk meningkatkan imajinasi tersebut, maka anak harus diberikan bacaan atau cerita yang berbentuk narasi. Jika anak memiliki daya imajinasi yang sangat tinggi maka kecerdasan otaknya pun akan terlatih lebih baik.

Hal ini dikarenakan imajinasi dapat merangsang perkembangan saraf otak anak. Ketika anak gemar membaca, maka imajinasi yang mereka miliki pun semakin tinggi. Hal ini tidak menutup kemungkinan jika anak bisa menjadi penulis di kemudian hari.

  1. Melatih Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi menjadi salah satu hal yang penting dimiliki dan dibangun sejak dini, salah satunya dengan membaca. Bahasa merupakan alat komunikasi paling fundamental, sehingga anak-anak yang terbiasa membaca sejak dini dapat membentuk struktur kalimat dengan baik serta memiliki kosakata beragam. Oleh sebab itu, sebagai orang tua Anda harus mengajarkan cara belajar membaca kepada anak sejak dini.

Itulah 5 alasan mengapa anak harus diajarkan cara belajar membaca sejak dini. Selain belajar secara mandiri, anak juga bisa mengikuti kursus membaca dari Tanoto Foundation. Tanoto Foundation merupakan organisasi filantropi independen yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto guna meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.

Menurut Tanoto Foundation, budaya membaca menjadi salah satu proses untuk tumbuh kembang anak. Oleh sebab itu, Tanoto Foundation pun menggagas gerakan #IndonesiaCintaMembaca

Jangan lupa untuk mengikuti kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dengan hadiah yang seru banget. Kompetisi ini diadakan sampai bulan Desember 2020.

Untuk mengikutinya, lihat highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau klik link https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-hadiahnya/

News Feed