by

7 Kriteria Sikat Gigi Terbaik yang Cocok untuk Gigi Ngilu

Ketika gigi ngilu, saat itu juga gigi terasa sensitif. Mau makan yang manis-manis, respons gigi kurang bersahabat. Pakai sikat gigi yang bulu-bulunya keras, seperti disodok-sodok dengan kasar. Maka dari itu, proses pemilihan sikat gigi terbaik agar bisa beradaptasi dengan rasa ngilu juga penting untuk dipertimbangkan. Sebagaimana 7 kriteria di bawah ini:

7 Kriteria Sikat Gigi Terbaik

  1. Pilih Sikat Gigi yang Mudah Dibersihkan

Kadang gigi yang kurang terawat bukan karena salah makan. Bisa pula karena menggunakan sikat gigi yang sulit untuk dibersihkan. Bayangkan jika Anda memiliki sikat gigi yang sisa makanan serta kotoran mudah lengket. Begitu selesai menggosok gigi, bakteri-bakteri banyak yang menghuni bulu-bulu sikat tersebut.

Apa yang terjadi jika sikat seperti itu Anda gunakan selama 3 bulan berturut-turut? Berapa banyak bakteri lama yang singgah kembali ke gigi Anda? Tak terhitung. Ciri sikat gigi yang mudah dibersihkan memiliki kerenggangan yang pas antara blok-blok bulunya. Saat diguyur air, kotoran mudah meluncur mengikuti arus air.

  1. Masih Bagus Biarpun lewat 3 Bulan

Para ahli kesehatan memang menyarankan, bahwa sikat gigi sebaiknya Anda ganti maksimal 3 bulan sekali. Akan lebih baik lagi jika setelah 3 bulan masih dalam keadaan bagus. Sikat gigi yang masih mulus setelah 3 bulan biasanya dibuat dengan serius. Jadi, kualitas produknya benar-benar terjaga dan bisa menjaga gigi tetap sehat selama 3 bulan tersebut.

  1. Pilih Berdasarkan Fungsinya

Banyaknya produsen sikat gigi tentu membuat pilihan jadi serba variatif. Berbagai desain pun ditampilkan dan seakan beradu kualitas saat ditempatkan di rak toko. Biar aman, pilih sikat berdasarkan fungsi atau kegunaannya. Jangan mudah terpikat oleh desain atau riasan. Sebab, sikat gigi, betapa pun cantik rupanya, tetap harus diganti 3 bulan sekali.

Jadi, ketika Anda ingin membeli sikat gigi untuk anak, maka pilih yang ukuran kecil dan kiranya pas dengan mulut si kecil. Ketika gigi ngilu dialami si kecil, adanya sikat dengan kriteria yang pas bisa membuatnya lebih nyaman. Begitu pula ketika hendak membeli sikat untuk Anda sendiri.

  1. Pilih Sikat Gigi dengan Gagang yang Mudah Digenggam

Sepintas, kriteria ini tidak begitu diperlukan. Akan tetapi, dalam penggunaannya bisa sangat membantu saat gigi Anda terasa ngilu. Misal karena baru dicabut, berlubang, dan sebagainya. Saat memasuki toko dan memilih sikat gigi, peragakan seolah-olah Anda tengah menyikat gigi. Kalau terbungkus plastik, imajinasikan saja, pasti bisa.

  1. Pilih Bulu Sikat yang Pas dengan Anda

Bentuk bulu sikat yang ada itu macam-macam, ya. Ada yang bergelombang, renggang, berhimpitan antar blok bulu sikat, dan sebagainya. Kalau bisa sih ambil masing-masing bentuk sikat. Terutama untuk Anda yang sampai sekarang belum menemukan sosok sikat gigi yang pas.

  1. Pilih yang Berbahan Nilon

Khusus untuk gigi yang terasa ngilu, pilih bulu sikat dari bahan nilon. Bahan ini terbukti sangat halus dan cocok digunakan untuk segala usia. Sebab bulu sikat jenis ini bisa menjangkau area yang selama ini sulit terjangkau. Jadi, sisa makan yang mungkin masih terselip bisa segera lepas dan membantu proses penyembuhan gigi Anda.

  1. Pilih Sikat Gigi dengan Bentuk Kepala yang Tepat

Pernah mengalami menggosok gigi, tapi terasa kayak disodok-sodok dengan keras? Bisa jadi masalahnya karena keliru saat memilih bentuk kepala sikat. Di pasaran ada beberapa pilihan yang mainstream, yakni persegi panjang, oval, bulat, runcing, atau persegi. Pilih mana yang kiranya cocok dengan rongga mulut Anda.

Saat gigi ngilu kumat, rasanya memang sakit bukan main. Apalagi kalau ada tetangga yang menyetel musik keras-keras. Sabar. Sabar. Siapa tahu dengan memilih sikat gigi yang tepat, rasa ngilu pada gigi Anda bisa lekas reda.

Comment

News Feed