by

7 Manfaat Surat Yasin

Surat Yasin merupakan salah satu surat populer dari Al Quran yang sering dibacakan kaum muslimin terutama pada hari Jumat. Selain itu, bacaan Surat Yasin ini juga dilakukan terutama untuk mendoakan orang-orang yang sudah meninggal dunia.

Nah, dalam tulisan kali ini akan coba membahas tentang 7 manfaat Surat Yasin sebagai berikut ini :

  1. Mempermudah Sakaratul Maut

Manfaat Surat Yasin yang pertama adalah diyakini mampu mempermudah seseorang saat sakaratul maut. Hal ini terdapat dalam tafsir Al-Quran Al-Azhim :

“Membaca Surat Yasin di sisi mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh.” (Tafsir Al-Quran Al-Azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi).

“Disunnahkan juga membaca Surat Yasin disamping orang yang sedang menghadapi sakaratul maut.” (Al-Majmu’syaih Al-Muhadzdzab 5/76 Dar’alim alkitab).

  1. Terhindar Dari Siksa Kubur

Manfaat Surat Yasin selanjutnya adalah diyakini mampu meringankan seseorang dari siksa kubur yang sangat mengerikan.

“Barangsiapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan Surat Yasin, maka pada hari itu Allah Subhana wa Ta’ala meringankan siksa kubur mereka. Serta diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di pekuburan itu.” (Tafsir Nur ats-tsaqalayn 4/373).

  1. Terlindungi Dari Berbagai Malapetaka

Surat Yasin juga dipercaya bisa membuat seseorang yang membacanya bisa terhindar dari marabahaya, malapetaka, dan nasib sial. Selain itu, juga bisa melindungi dari hal-hal buruk lainnya yang bisa datang kapan saja.

Dengan rutin membaca Surat Yasin, Allah Subhana wa Ta’ala akan memberikan perlindungan kepada hamba-Nya dengan menjauhkan dari berbagai macam penyakit, dilindungi selama hidupnya di unia dan akhirat, dan mati syahid serta dimudahkan saat sakaratul maut.

  1. Diampuni Dosa

Manfaat Surat Yasin lainnya adalah akan mendapatkan ampunan dosa orang yang membacanya dari Allah Subhana wa Ta’ala.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radiyallahu anhu, Rasulullah shollallahu alaihi wa sallam bersabda :

Artinya : “Siapa yang membaca (Surat) Yasin pada malam hari dengn mengharap keridhoan Allah Subhana wa Ta’ala, maka diampuni dosa-dosanya.” (HR. At-Thabrani dan Al-Baihaqi).

  1. Dianggap Mati Syahid

Orang yang gemar membaca Surat Yasin setiap malamnya dan mati, maka akan tercatat sebagai mati syahid. Selain itu, orang tersebut akan dipermudahan proses keluar roh saat sakaratul maut.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik radiyallahu anhu,Rasulullah shollallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR. At-Thabrani).

  1. Dipermudah Segala Urusannya

Orang yang suka membaca Surat Yasin juga diyakini akan dipermudah dari segala persoalan hidupnya, seperti masalah keluarga, masalah ekonomi, masalah pekerjaan, dan lain sebagainya.

“Barangsiapa yang membaca surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya diakhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunan Daarimi juz 2 halaman 549).

  1. Mendapatkan Ketenangan Hati

Seseorang yang selalu mengingat (berdzikir) kepada Allah Subhana wa Ta’ala maka hatinya akan tenang dan bahagia. Salah satu hal yang termasuk berdzikir adalah membaca Al Quran. Nah, bagi orang yang rajin membaca Al Quran, termasuk membaca Surat Yasin akan memperoleh ketenangan dan kebahagiaan di dalam hatinya.

Dalam hal ini, Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Orang-orang yang beriman hati mereka akan tenteram dengan mengingat Allah Subhana wa Ta’ala. Ingatlah hanya dengan mengingatnya maka hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’du : 28).

News Feed