by

7 Tips Membedakan Spare Part Asli dan Abal-abal

Spare part motor Yamaha – Sebagai pemilik dan pengguna kendaraan bermotor, sudah sepatutnya kita mengerti apa dan bagaimana spare part untuk jenis motor kita. Dan kita harus bisa mengetahui bagaimana cara memilih dan memilah spare part yang baik dan benar.

Dengan begitu banyak ragam spare part di luar sana, membuat kita kadang keliru memilih dan tertipu dengan keaslian spare part. Namun banyak juga yang acuh mengenai penggunaan spare part yang asli, meskipun sangat mempengaruhi kinerja mesin yang seharusnya selalu optimal.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, sebelum kita membeli spare part untuk kendaraan bermotor. Bisa saja kita datang ke toko onderdil, ditawari harga murah dan membeli dengan senang hati. Namun hal itu akan sangat merugikan Anda, bilamana spare part yang dibeli ternyata abal-abal. Berikut tips memilih dan membeli spare part:

spare part motor yamaha

  1. Hanya Membeli di Toko Resmi

Misalnya jika Anda pengguna motor merk Yamaha, maka carilah spare part motor Yamaha hanya di outlet resmi Yamaha. Begitu juga untuk merk motor yang lain, membeli spare part hanya di dealer resmi masing-masing. Jika membeli di luar dealer resmi, maka resiko spare part gadungan akan sangat tinggi.

  1. Cek Kemasan Produk

Jika Anda terpaksa harus membeli di luar dealer motor resmi Anda, maka Anda harus pandai mengenali kemasan spare part yang resmi. Kemasan spare part yang resmi dengan yang gadungan sangat jauh berbeda. Anda bisa melihatnya dengan sangat jelas jika jeli. Misalnya, Spare part yang asli memiliki bungkus yang mantap dan bagus, berbeda jauh dengan bungkus spare part gadungan.

  1. Analisa Harga Produk

Salah satu tolak ukur untuk membedakan spare part yang asli atau gadungan adalah harganya. Spare part yang asli, dengan kualitas yang tinggi dan standar pabrikan, jelas memiliki harga yang lebih mahal. Berbeda dengan spare part gadungan yang notabene menawarkan harga rendah dan memang cenderung menggiurkan. Namun sering kali menjadi ancaman untuk performa kendaraan Anda.

  1. Cek Ricek Garansi

Spare part yang asli selalu menyertakan garansi pabrikan dan tercantum di setiap pembelian. Sedangkan spare part yang palsu memiliki garansi distributor/toko, menjadikan harganya lebih murah dan laris manis di pasaran.

  1. Cek Kondisi Fisik Spare Part

Jika memang Anda harus membeli di bengkel non-resmi, maka carilah referensi tentang bentuk fisik spare part yang asli. Anda dapat meminta penjual untuk memperlihatkan kondisi fisik spare part yang akan Anda beli. Jika Anda sudah mengenali ciri-cirinya, maka Anda akan dengan mudah dapat membedakan keaslian spare part.

  1. Pastikan Periksa Label Hologram

Beberapa spare part pabrikan yang asli, selalu menyertakan label hologram di setiap bungkusnya. Anda dapat melihat keaslian produk dengan teliti memeriksa stiker yang menempel di bungkus spare part. Jika spare part asli, maka label hologram akan terkesan kuat menempel dan berbekas cetakan jelas jika dilepas.

  1. Servis Ke Bengkel Resmi

Jika memang Anda tidak paham mesin dan spare part, maka pilihan yang paling tepat adalah membawa motor Anda ke bengkel resmi. Setiap servis rutin, setiap pengecekan apapun selalu utamakan untuk mendatangi bengkel resmi Anda. Servis di bengkel resmi memang agak mahal, karena memang bengkel resmi tidak akan menggunakan spare part palsu.

Itulah 7 tips memilih spare part yang baik dan benar. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Teliti sebelum membeli dan selalu menjadi pembeli yang cerdas dan berwawasan.

Comment

News Feed