Apakah Fungsi Sabun Anti Bakterial untuk Bayi?

Kondisi kulit bayi yang mudah terkena iritasi jika bersentuhan dengan benda asing membuat bunda harus pintar memilih produk perawatan yang tepat termasuk pencuci anti bakterial baik dalam bentuk sabun cair atau batang. Saat ini banyak beredar merk sabun untuk bayi yang diperkaya dengan kandungan anti bakterial. Lantas, amankah kandungan zat tersebut bagi kulit dan tubuh bayi?.

Salah satu manfaatkdari sabun anti bakterial adalah mengusir bakteri yang ada di tubuh buah hati. Namun kandungannya tidak boleh berlebih, harus pas dengan kondisi bayi. Tidak seperti sabun untuk dewasa yang senyawa anti bakterialnya cukup besar, pada produk yang dibutuhkan untuk merawat bayi presentasenya lebih sedikit menyesuaikan dengan kebutuhan.

pencuci anti bakterial

Dibandingkan dengan sabun biasa, penggunaan pencuci anti bakterial lebih dianjurkan karena bisa membasmi bakteri dan kuman yang ada dalam tubuh. Jika memakai sabun biasa, tidak mampu membersihkan tubuh secara menyeluruh sehingga kebersihannya tidak terjamin. Bakteri yang bersarang di badan jika tidak dibersihkan setiap hari menggunakan produk yang tepat, bisa menyebabkan gatal-gatal di kulit. Apabila tidak segera ditangani, bisa semakin parah dan meninggalkan bintik merah. Sebaiknya bunda segera konsultasikan masalah ini ke dokter supaya kondisi buah hati kembali pulih.

Lantas bagaiman cara memilih sabun anti bakterial yang tepat dan cocok untuk bayi?. Hal termudah yang dilakukan saat membeli sabun bayi adalah hindari produk yang mengandung pewarna dan parfum berlebihan. Zat kimia tersebut kadang memberikan efek yang tidak baik bagi kulit buah hati seperti menyebabkan kulit menjadi kering karena kelembabannya berkurang. Tips yang kedua adalah memilih produk yang terbuat dari bahan alami seperti minyak kelapa, olive oil, lidah buaya, dan susu.

Membeli produk yang dibutuhkan untuk merawat bayi memang gampang-gampang susah, namun jika sudah cocok sebaiknya jangan ganti-ganti agar kesehatannya lebih terjaga. Pergunakan sabun anti bakterial yang aman bagi buah hati, bisa berupa cairan ataupun sabun batang. Perhatikan juga komposisinya, pilih yang mengandung bahan alami untuk menghindari iritasi pada kulit bayi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *