by

Bagaimana Alat Bantu Dengar itu Bekerja?

Cara kerja alat bantu dengar

Kehilangan pendengaran dapat memiliki dampak besar pada hidup manusia, mulai dari kehilangan pekerjaan, hubungan Anda dan emosional Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir karena alat bantu dengar dapat membuat perbedaan besar, terutama jika Anda memilih yang tepat dan mendapatkan bantuan untuk menyesuaikannya. Tapi bagaimana sih cara kerja alat bantu dengar itu sendiri?

Bagaimana Alat Bantu Dengar Dapat Membantu Seseorang Mendengar?

Alat bantu dengar adalah perangkat elektronik bertenaga baterai yang dirancang untuk meningkatkan pendengaran Anda. Alat ini cukup kecil untuk dipakai di dalam atau di belakang telinga dan alat tersebut membuat beberapa suara lebih keras. Alat dengar dapat membantu Anda mendengar lebih baik saat sepi dan saat bising. Begini cara kerjanya:

  1. Mikrofon mengambil suara yang ada di sekitar Anda.
  2. Sebuah penguat di dalam alat bantu dengar membuat suara lebih keras.
  3. Penerima mengirim suara yang diperkuat ke telinga Anda.

Pada umumnya kerusakan telinga dapat berasal dari:

  1. Penyakit sejak lahir
  2. Penuaan
  3. Gangguan suara keras
  4. Efek obat-obatan

Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh masalah pada saluran telinga, gendang telinga, atau telinga tengah disebut gangguan pendengaran konduktif. Sebagian besar waktu, operasi atau bantuan medis lainnya dapat membuatnya lebih baik. Tetapi opsi itu tidak tepat untuk semua orang. Jika Anda memiliki saluran telinga terbuka dan telinga eksternal yang relatif normal, alat bantu dengar dapat membantu.

Beberapa orang dilahirkan tanpa telinga luar atau saluran telinga, yang berarti mereka tidak dapat menggunakan alat bantu dengar biasa. Sebagai gantinya, mereka mungkin bisa menggunakan alat yang mengirimkan suara ke telinga bagian dalam melalui tulang tengkorak mereka.

Alat bantu dengar tidak akan mengembalikan cara kerja telinga dengan pendengaran normal. Namun, dengan latihan, alat bantu dengar akan meningkatkan kesadaran Anda akan suara dan sumbernya. Anda yang ingin memakai alat bantu dengar Anda secara teratur, pilihlah yang nyaman dan mudah digunakan di telinga Anda.

Comment

News Feed