by

Begini Tips Membuat Product Roadmap untuk Bisnis Kalian

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kalian tidak akan bisa untuk mengandalkan sebuah intuisi asal jalan saja agar bisa terus mendapatkan keuntungan dan juga terus berkembang, kalian semua harus tahu tentang apa itu roadmap dan bagaimana cara untuk menggunakan serta membuatnya. Kalian pastinya akan bertanya kenapa? Hal ini sendiri karena roadmap merupakan sebuah kerangka yang nantinya akan membantu kalian untuk bisa memastikan kinerja agar tetap bertahan atau survive.

Roadmap sendiri umumnya dibuat untuk berbagai jenis kebutuhan, dan langsung dikerjakan dalam kurun waktu yang tertentu. Contohnya setiap satu tahun sekali atau setiap tiga bulan sekali para tim nantinya akan melakukan rapat guna membuat sebuah rencana kerja yang satu ini secara bersama-sama untuk bisa meminimalisir adanya kesalahan.

Tentang Roadmap

Roadmap sendiri merupakan sebuah peta dari rencana kerja yang akan dilakukan oleh suatu perusahaan per divisinya. Masing-masing dari divisi tersebut mempunyai goalnya sendiri-sendiri yang jika nanti digabungkan dan juga menjadi sebuah goal dari perusahaan. Itulah salah satu alasan kenapa roadmap ini harus dibuat dengan sangat detail oleh mereka yang merupakan para ahli di bidangnya.

Dalam hal menjalankan sebuah bisnis entah itu memproduksi suatu barang atau jasa, roadmap ini akan bisa membantu kalian dan para tim agar selalu berada pada jalan yang benar. Jikalau pun nantinya di tengah-tengah jalan ada sebuah perubahan ide yang jauh lebih baik, maka peta ini masih bisa kalian gunakan untuk menjadi pegangan agar kalian tidak sembarang dalam hal mengambil sebuah keputusan.

Product Roadmap Pengertian

Product roadmap merupakan visual atau gambaran dari roadmap yang sebelumnya sudah dibuat. Di dalam pembuatan product roadmap sampai dengan visi dan juga misi suatu perusahaan yang akan masuk ke dalam rencana itu nantinya akan melibatkan semua orang. Semua kepala tim, semua manajer, sampai orang-orang yang dianggap cukup mampu untuk memberikan sebuah masukan juga akan terlihat di dalamnya. Dari banyaknya masukan tersebut, kemudian akan dibuat visual yang sangat menarik dan juga bisa dilihat oleh semua orang.

Tips untuk Membuat Product Roadmap

Menyusun sebuah roadmap merupakan salah satu langkah yang tidak mudah untuk dilakukan, karena ada beberapa hal yang terlebih dahulu harus dilakukan oleh para atasan serta divisi yang dipunyainya. Tetapi secara umum beberapa tips membuat product roadmap di bawah ini bisa kalian praktikan untuk membuat sebuah product roadmap.

Mengetahui Masalah yang Akan Diatasi

Sebuah produk dibuat karena adanya suatu masalah yang sedang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Jika tidak ada yang bisa diatasi, maka nantinya sebuah produk tidak dibutuhkan atau lebih parahnya tidak akan laku ketika dijual. Itulah sebabnya kenapa kalian dan juga para tim harus bisa tahu tentang apa saja masalah yang sangat sering sekali dihadapi. Contohnya sebuah masalah yang mungkin terjadi yaitu karena sulitnya untuk mendapatkan rumah makan yang memang menyediakan menu makanan diet.

Menentukan Visi dan Tujuan

Menentukan sebuah misi dan juga tujuan dari dibuatnya suatu produk itu merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk bisa dibicarakan dengan mereka semua para komponen. Bukan hanya di antara atasan dengan mereka para orang-orang yang berada di bawah atau bawahannya saja, tetapi juga semua elemen yang ada di dalam suatu perusahaan.