by

Berbagai Macam Perayaan Valentine Seluruh Dunia

Valentine (Hari Kasih Sayang)

Valentine (hari kasih sayang)  adalah sebuah perayaan yang diperingati setiap tanggal 14 Februari. Umumnya Valentine dirayakan bersama pasangan tercinta. Entah itu bertukar hadiah ataupun ucapan dan ungkapan kasih sayang.

Di Indonesia sendiri, seperti yang kita ketahui valentine kerap kali menjadi bahan perdebatan mengenai masalah hukum dan aturannya. Jika menilik dari kehidupan masyarakat yang beragam, hal ini tentu menjadi lumrah dan sering terjadi.

Bagaimanapun juga valentine di Indonesia adalah sebuah fenomena. Yang menjadi peluang tersendiri untuk pasar yang menyediakan produk dan pernak pernik khusus di bulan valentine.

Biasanya simbolisasi valentine di Indonesia masih seadanya dan tidak macam-macam. Seseorang mengungkapkan kasih sayangnya terhadap pasangan dengan sebuket bunga atau coklat. Namun yang menjadikan pelik adalah, momen ini digunakan anak muda pra menikah untuk melakukan kegiatan di luar batas dan norma.

Sebenarnya, jika dilakukan dengan cara yang baik, valentine akan menjadi event yang baik pula. Seseorang bisa memanfaatkan valentine untuk secara khusus mengungkapkan kasih sayang ke orang terdekat. Contohnya untuk orang tua, kerabat, dan saudara jauh yang mungkin saja tidak bisa dilakukan setiap hari.

Lain lubuk lain belalang, berikut adalah contoh perayaan valentine di berbagai belahan dunia. Agar menjadi sebuah tolak ukur bahwa sebuah budaya harusnya disesuaikan dengan kondisi suatu negara itu sendiri.

Perayaan Valentine Seluruh Dunia

Perayaan Valentine di Berbagai Negara

  1. Prancis

Di negara indah ini, valentin dirayakan dengan cukup unik. Pria yang belum menikah masuk ke setiap rumah, dan lantas bertemu dengan wanita-wanita yang ada didalam rumah tersebut.

Jika sang pria tidak menyukai si wanita, maka Ia akan pindah ke rumah lain. Sebaliknya, jika Si pria suka, maka Ia akan tinggal dan berpasangan dengan wanita tersebut. Dan sang wanita yang ditolak boleh membakar foto pria yang menolaknya. Budaya ini sudah dilarang dan hilang, dan budaya ini juga jelas tidak cocok di Indonesia.

  1. Jerman

Valentinstag, begitulah masyarakat Jerman menyebutnya. Dirayakan dengan cara memberi kartu, permen atau bunga dengan beragam tema tertentu. Salah satu diantaranya adalah tema babi, yang berarti adalah simbol keberuntungan dan nafsu. Dan disandinngkan dengan kue jahe berukuran besar. Di pertengahan Februari di jerman, akan banyak ditemukan hiasan berbentuk babi.

  1. Meksiko

Dia del amor y la amistad (hari cinta dan persahabatan) adalah sebutan lain untuk valentin di Meksiko. Tradisi dilakukan di taman, kelompok pria dan kelompok wanita berjalan secara berlawanan, dan melewati satu sama lain. Si pria akan memberikan bunga untuk wanita yang Ia suka. Jika sang wanita masih menggenggam bunga tersebut saat berpapasan kembali, maka pertanda si wanita juga menyukai si pria.

  1. Jepang

Para wanita jepang akan memberikan coklat kepada rekan kerja pria-nya atau yang dicintainya. Satu bulan kemudian, yakni pada tanggal 14 Maret, pria yang diberikan coklat akan membalas memberi coklat 3x lipat. Yang berarti si pria juga menyukai si wanita. Tradisi ini disebut White Day.

  1. Amerika Serikat

Negara adidaya ini merajai pasar perbelanjaan di bulan valentine. Warganya rata-rata menghabiskan uang US100$ hany untuk hari valentinnya saja. Bertukar mawar adalah hal lumrah untuk orang dewasa. Dan anak-anak bertukar kartu ucapan valentine untuk teman sekolahnya.

Itulah beragam budaya dan kegiatan valentine yang perlu kita ketahui. Sekedar untuk menanbah wawasan dan pandangan kita tentang hari kasih sayang. Agar menjadi tolak ukur untuk kita yang hidup di negara berkembang dan penuh perbedaan dalam persatuan. Yang menjadi makna valentine sendiri adalah sebuah momen, dimana kasih sayang yang terpendam harus bisa diungkapkan.

Comment

News Feed