by

Berikan Nutrisi Terbaik Demi Kecerdasan Anak

Setiap orang tua tentu ingin mempunyai anak yang cerdas dan sehat. Memberikan gizi yang optimal adalah salah satu faktor caranya. Secara umu, ada dua faktor yang memengaruhi kecerdasan anak secara umum yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor genetika, sedangkan faktor eksternal yang merupakan lingkungan, meliputi nutrisi, stimulasi, aktivitas fisik, dan upaya penjagaan kesehatan. Meskipun dua faktor tersebut sama-sama berpengaruh, namun faktor internal yaitu faktor genetik memiliki kontribusi yang relative kecil yaitu hanya sekitar 5 persen. Sedangkan faktor eksternal lah yang berperan besar yaitu sekitar 95 persen.

Kecerdasan Anak juga sangat bergantung pada 1.000 hari pertama kehidupan, yaitu sejak masa dalam kandungan hingga usia balita. Maka dari itu, untuk membantu anak yang cerdas, perlu adanya persiapan dari orang tua sejak awal merencanakan kehamilan. Maka dari itu, sebagai seorang tua, Anda harus dapat memenuhi kebutuhan asupan gizi si kecil. Karena pemberian gizi yang baik sejak dalam kandungan akan dapat memengaruhi  perkembangan otak. Pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang sejak dalam kandungan sampai usia 3 tahun, akan membuat jumlah sel–sel otak bayi semakin banyak. Semakin bagus kualitas percabangan sel-sel otak, dan semakin bagus fungsi sinaps antara sel-sel otak bayi dan balita.

Karena tumbuh kembang otak sejak kehamilan 6 bulan sampai umur 2 tahun sangatlah cepat dan penting, maka bayi akan banyak membutuhkan nutrisi, seperti protein, karbohidrat, dan lemak, karena sampai berumur 1 tahun 60 persen energi makanan bayi digunakan untuk pertumbuhan otak. Selain itu, bayi dan balita juga membutuhkan vitamin B1, B6, asam folat, yodium, zat besi, seng, AA, DHA, sphingomyelin, sialic acid, dan asam-asam amino seperti tyrosine dan tryptophan. ASI mengandung semua kebutuhan nutrisi tersebut, termasuk AA, DHA, sphingomyelin dan sialic acid. Karena itu, untuk dapat memberikan kualitas ASI terbaik pada si kecil, Anda dapat meminum suplemen tambahan dan susu khusus untuk ibu menyusui yang dapat Anda beli di apotik terdekat. Sebagai tambahan, Anda juga dapat mebaca referensi artikel: https://www.guesehat.com/apa-saja-makanan-yang-memengaruhi-kecerdasan-bayi.

Comment

News Feed