by

Berikut 5 Pemeriksaan Medis Dokter Spesialis Penyakit dalam Ginjal Hipertensi

Dokter spesialis penyakit dalam ginjal hipertensi merupakan dokter yang memiliki tanggung jawab penuh untuk memberikan pengobatan medis yang menyerang organ ginjal maupun berbagai jenis penyakit dalam atau nefrologi mulai dari tindakan paling awal sampai pasien dinyatakan selesai menjalani pengobatan. Penting untuk Anda ketahui, bahwa sebenarnya ada dua jenis dokter spesialis yang berperan dalam bidang penanganan penyakit yang satu ini dan dibedakan atas usia pasien yaitu anak dan dewasa. Nantinya, dokter ini juga akan memberikan diagnosa maupun jenis tindakan pengobatan yang sebaiknya dilakukan.

Penyakit dalam dunia medis sering disebut juga sebagai nefrologi. Sedangkan, untuk dapat menjadi dokter spesialis yang satu ini Anda harus menempuh pendidikan sebagai dokter umum kemudian melanjutkan sebagai dokter spesialis dan ditambah dengan menempuh pendidikan untuk memperdalam subspesialisasai bidang nefrologi. Selanjutnya, setelah selesai menjalani program pendidikan tersebut, dokter spesialis yang satu in dapat langsung membuka praktik maupun memberikan materi pengajaran ilmu kedokteran yang bersangkutan dengan jenis penyakit dalam, ginjal serta hipertensi.

Umumnya, sebelum melakukan tindakan pengobatan dokter spesialis yang satu ini akan melakukan diagnosis untuk mengetahui penyebab dan tingkat keparahan penyakit pasien. Berikut beberapa jenis pemeriksaan paling umum yang akan membantu dokter memudahkan mengambil keputusan lanjutan, antara lain:

  • Tes urine merupakan pemeriksaan wajib yang harus dilakukan pasien agar dokter dapat mengetahui tingkat urine maupun jumlah kadar zat lain yang ada didalam cairan urine pasien.
  • Berikutnya tes darah adalah prosedur tes penting yang dilakukan untuk dapat melihat kadar nitrogen dan kadar urea serta berbagi komponen lain yang ada didalam darah termasuk hormon, elektrolit dan analisa darah itu sendiri.
  • Untuk dapat menentukan apakah fungsi ginjal masih dapat bekerja dengan baik, dokter biasanya akan meminta Anda menjalani tes kreatinin dan ureum.
  • Sedangkan agar dapat mengetahui fungsi ginjal sebagai penyaring sisa metabolisme didalam tubuh umumnya dokter akan meminta tes lanjutan GFR atau Glomerular Fitration Rate.
  • Selanjutnya jenis tes terakhir yang harus dilakukan pasien agar dapat mengevaluasi keseluruhan pemeriksaan dan melihat kondisi sekitar organ vital didalam tubuh, maka tes pencitraan misalnya USG, MRI, maupun CT Scan dapat menjadi pilihan yang tepat.

Langkah utama yang akan dilakukan dokter spesialis penyakit ini setelah pasien melewati proses tersebut adalah melakukan perusahaan konsumsi gizi yang diberikan ke pasien, memberikan obat yang dinilai paling tepat serta menganjurkan cuci darah jika diperlukan. Dengan melihat hasil dari berbagai tes yang dilakukan di atas, nantinya dokter dapat menentukan tindakan lanjutan terbaik yang dapat dilakukan pasien untuk mempercepat prosedur pengobatan. Akan tetapi, tentu saja semua tes maupun penanganan yang dilakukan akan disesuaikan dengan kondisi dan usia pasien sehingga tetap mengutamakan kenyamanan dan keamanan.

Demikian ulasan mengenai pemeriksaan medis yang dilakukan oleh dokter spesialis penyakit dalam ginjal hipertensi. Anda dapat menjadikan ulasan di atas sebagai referensi jika Anda sendiri maupun salah satu kerabat di kemudian hari mengalami keluhan yang menyangkut penyakit tersebut, maka dapat segera mengambil keputusan yang tepat. Semua jenis gangguan kesehatan yang menyerang organ dalam termasuk ginjal dan hipertensi merupakan jenis penyakit berbahaya yang harus segera di tangani karena dapat mengancam nyawa penderitanya . Oleh sebab itu, melakukan medical checkup secara rutin dapat menjadi langkah antisipasi terbaik untuk selalu mengetahui kondisi tubuh Anda.

Comment

News Feed