by

Cara Dalam Pengembangan Strategi Bisnis

Pengertian strategi merupakan sebuah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang hanya berfokus kepada tujuan dengan jangka waktu yang panjang organisasi. Hal itu juga dapat diikuti dengan sebuah penyusunan pada saat suatu acara atau juga upaya dalam menggapai sebuah tujuan anda. Strategi bisnis merupakan konsep rencana atau suatu cara yang sengaja di buat agar mencapai suatu tujuan jangka panjang bisnis anda. Strategi bisnis ini adalah kunci dari pencapaian manfaat dalam bersaing dan dalam keberhasilan sebuah bisnis.

Sudah tidak jarang lagi sebuah bisnis banyak yang meminta bantuan kepada konsultasi besar dengan biaya yang besar untuk membahas sebuah strategi. Ada juga pengertian strategi bisnis merupakan upaya untuk bisnis dalam mengambil sebuah kebijakan dan pedoman yang mempunyai suatu komitmen dan tindakan yang terintegrasi serta di rancang agar membangun keunggulan dalam bersaing bisnis agar memenuhi dan mencapai suatu tujuan dari bisnis.

Dengan adanya suatu strategi bisnis ini akan dengan mudah dapat untuk menentukan arah perusahaan dengan cara mengidentifikasi strategi bisnis dari segi pemasaran atau pasar, pelanggan atau konsumen, pesaing dan masih banyak lagi. Adapun empat cara dalam pengembangan strategi bisnis

  • Perencanaan perusahaan

Keragaman dalam suatu perencanaan di tengah ekonomi pasar kapitalis, dan pada kala itu bisa melihat garis besar dalam tujuan strategis perusahaan, investasi dan memproyeksikan penjualan dapat mengidentifikasi peluang untuk mengembangkan produk, bisnis baru dan juga pasar.

  • Penentuan posisi yang bersaing dan analisis industri

Penerapan analisis industri dan penentuan posisi pada saat sedang bersaing, dengan ini hasil dari krisis minyak pertama pada tahun 1973 sampai 1974 mengalami kegagalan dari peramalan ekonomi dan rencana yang di dasarkan oleh peramalan tersebut tanpa adanya analisis terlebih dahulu.

Sehingga untuk tingkat nasional juga perusahaan sendiri akan mengalami pergeseran fokus, yang pada akhirnya membuat perusahaan menjadi kurang memperhatikan strategi perencanaan perusahaan dan cukup lebih memperhatikan penetapan posisi perusahaan untuk sekedar menghasilkan laba.

  • Mengekploitasi keuntungan strategi spesifik perusahaan

Dengan ini strategi di dasarkan dengan analisis industri dapat analisis penentuan posisi bersaing di pasar. Pengertian dari mengeksploitasi keuntungan strategi spesifik perusahaan merupakan strategi yang mendorong perusahaan agar mengadopsi penentuan posisi yang serupa sesuai analisis industri dan penentuan posisi.

Selanjutnya kita akan membahas tentang strategi bisnis yang bisa anda lakukan dan bisa untuk di tiru

  • Mengenali target pasar

Mengenali target pasar menggunakan strategi pasar merupakan hal utama mencari konsumen terlebih dahulu. Dengan menggunakan produk yang anda jual sendiri. Anda juga bisa memberikan tester kepada calon target pasar anda sehingga anda bisa mengetahui apa yang mereka inginkan dari produk yang anda jual tersebut. Dengan ini akan membuat anda lebih mengerti dengan kebutuhan pasar dan apa yang di inginkan oleh pembeli dari bisnis yang anda jalankan.

  • Memperhatikan kualitas

Seiring dengan banyak sekali bisnis baru yang bermunculan dan bisnis yang mempunyai banyak sekali produk macam-macam ini yang membuat tidak sedikit pembisnis memperhatikan kualitas  dalam bisnis anda itu, produk jasa maupun produk layanan.

Contoh apabila anda menjual produk makanan maka unsur untuk memperhatikan kualitas itu terdapat pada :

  1. Kualitas bahan baku
  2. Kualitas rasa
  3. Kebersihan atau higienitas pembuatan produk
  4. Kualitas Kemasan
  5. Kualitas isi produk
  6. Hingga kualitas pelayanan penjualan produk

News Feed