by

Cara Mengecek Kadar Gula Darah yang Benar

Kamu sering kan mendengar bahwa kesehatan itu mahal! Dan ini bisa terjadi hanya jika tubuh sudah terlanjur sakit dan membutuhkan perawatan medis benar tidak?. Apabila kesehatan selalu dijaga dengan baik, pasti biayanya juga bisa jauh lebih murah bahkan gratis ya kan. Ada salah satu cara untuk menjaga kesehatan yaitu dengan melakukan cek kesehatan secara berkala, Caranya bisa mulai dari cek tensi sampai dengan cek gula darah.

Jika kamu punya tensi dan kadar gula darah normal, maka tubuh kamu masih bisa dikatakan cukup sehat. Karena terdapat istilah kadar gula darah yang memang telah menjelma menjadi sesuatu yang sangat penting. Dengan menjaganya agar tetap normal menjadi salah satu kunci hidup sehat yang selama ini dicari oleh banyak orang.

Bila gula darah terlalu tinggi atayu terlalu rendah, maka bisa jadi ada gangguan kesehatan yang dipastikan akan mengikuti. Untuk itulah kenapa menjaga kadar gula normal juga harus menjadi perhatian untuk siapa saja yang menginginkan hidup sehat sekarang dan nanti.

Takaran Kadar Gula Darah yang Normal Dalam Tubuh

Kamu bisa cek kadar gula darah sekarang menjadi jauh lebih mudah berkat adanya alat cek gula darah yang sudah beredar di pasaran. Sampai ada juga cek gula darah bisa dilakukan sendiri di rumah. Akan tetapi setelah tahu kadar gula darah dalam tubuh, gimana kesimpulan yang bisa diambil dari angka yang ditunjukkan oleh alat tersebut?

Ini sebenarnya tidak ada angka pasti yang mampu menunjukkan kadar gula darah normal atau tidak normal. Walaupun demikian, ada rentang batas normal gula darah yang dapat dijadikan sebagai patokan untuk kita yang awam. Dibawah ini ada kisaran kadar gula darah normal wanita maupun pria yang bisa dijadikan patokan:

  1. Ukuran Kadar gula darah ketika puasa atau setelah tidak makan selama 8 jam: yaitu ukurannya kurang dari 100 mg per dL.
  2. Kemudian jika kamu ukur kadar gula darah sebelum makan maka ukuranya adalah 70-130 mg per dL.
  3. Kemudian jika kadar gula darah di cek setelah 1-2 jam makan maka ukurannya kurang dari 180 mg per dL;
  4. Dan untuk ukuran kadar gula darah sebelum tidur yaitu 100-140 mg per dL.

Hal ini adalah kadar gula normal berlaku untuk orang dewasa dan lansia ya. Akan tetapi selain mengacu pada nilai normal gula darah di atas, kita juga perlu diketahui bahwa pada usia turut mempengaruhi batas normal kadar gula darah yang ada dalam tubuh. Misal usia anak-anak mempunyai standar nilai gula darah sendiri. Maka dari itu diberikan ulasan secara khusus untuk lebih jelasnya, berikut kadar gula darah normal untuk anak-anak.

  1. Ukuran Kadar gula Darah Anak Usia Dibawah 6 Tahun
  2. Dalam ukuran normal mulai dari 100-200 mg per dL
  3. Jika dalam kondisi puasa ukuranya sekitar 100 mg per dL
  4. Jika setelah makan dan sebelum tidur ukuranya sekitar 200 mg per dL

Ukuran Kadar Gula Darah Anak Usia 6-12 Tahun:

  1. Kadar gula darah normal 70-150 mg per dL
  2. Kadar gula darah saat anak puasa sekitar 70 mg per dL
  3. Kadar gula darah anak setelah makan dan sebelum tidur sekitar 150 mg per dL

Agar bisa mengidentifikasi ukuran kadar gula darah yang normal, baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa dan maupun lansia, maka kamu juga bisa mengacu pada angka-angka di atas. Karena dengan mengacu pada kadar gula darah normal menurut usia, maka kamu juga bisa mengambil kesimpulan dengan lebih tepat apakah gula darah kamu normal atau tidak.

News Feed