by

Ciri Jasa Ekspedisi Barang yang Profesional

Anda perlu mengetahui jasa ekspedisi barang yang profesional, sebab tidak semua jasa pengirim barang memiliki tenaga yang handal. Barang sering hilang, datang tidak tepat waktu, dan ada pula yang kondisinya rusak. Ingin hati mengirim barang kepada kerabat, malah dibuat malu oleh si pengirim. Maka dari itu Anda harus ekstra hati-hati dan cermat memilih jasa yang sesuai.

Anda tidak sendirian, banyak diluar sana yang sering komplain akibat layanan jasa paket yang sembrono. Meskipun pegawai loket terkesan ramah dan baik, tapi karyawan yang mengantarkan adalah orang yang berbeda. Inilah yang seirIng menjadi masalah bagi perusahaan jasa pengiriman. Tapi sebenarnya masih ada jasa paket yang terpercaya, ciri-cirinya sebagai berikut:

Mengirim Tepat Waktu

Anda mungkin tidak asing dengan estimasi waktu pengiriman yang sering ditawarkan oleh jasa pengirim barang. Semakin mahal harga yang ditentukan oleh jasa paket, semakin cepat kemungkinan untuk sampai ke tujuan. Anda sebagai pengirim bisa menentukan sendiri harga yang sesuai dengan kebutuhan, tapi terkadang tidak semua jasa paket mengirim barang tepat waktu. Anda harus mencari tahu riwayat pengiriman barang dari perusahaan jasa yang satu dengan jasa lainnya. Teknologi memudahkan kita untuk mengetahui testimoni orang-orang terhadap jasa paket, maka dari itu jangan malas untuk membuka google maps/social media dan riset sendiri tentang pelayanan jasa paket.

Harga Ongkos Kirim yang Wajar

Ada harga ada barang, begitu pepatah kualitas kebanyakan orang jika harus mengorbankan uang tunai untuk membeli sesuatu. Tapi jika Anda mempercayakan pertukaran uang untuk layanan jasa kirim paket, artinya harga tersebut harus impas sesuai dengan layanan mereka. Ada jasa paket yang menawarkan harga sangat murah untuk ekspedisi menembus 4 provinsi tapi durasi pengirimannya sangat lama. Ada pula ekspedisi yang mengirimkan paket dengan harga mahal karena harus menyebrangi pulau. Kesimpulan kami, Anda juga harus selektif akan hal ini. Bandingkan harga jasa satu dengan jasa yang lainnya cari keuntungan yang didapat jika Anda ingin memilih salah satunya. Tentukan berat barang, kota asal dan kota tujuan. Jika selisih harga ongkos kirim tidak terlalu jauh, artinya perusahaan jasa pengiriman masih bisa Anda perhitungkan. Tapi jika harganya terlampau murah atau terlampau mahal, lebih baik jangan dipilih.

Jangkauan yang Luas

Semakin luas area ekspedisinya, semakin terpercaya perusahaan jasa paket. Artinya mereka mengerti medan yang seharusnya ditempuh, berpengalaman dalam mengirim barang ke berbagai daerah di Indonesia. Tapi Anda harus mengingat kondisi geografis Indonesia yang tidak stabil, harus menyeberangi sungai, perjalanan darat yang belum aspal dan juga menyeberang lautan ke lokasi tujuan bisa menjadi PR besar bagi kurir. Jangan terlalu menuntut cepat sampai jika harus melalui medan berbahaya, karena akan membahayakan keselamatan si kurir. Tapi bagaimanapun itu, jasa kurir yang terpercaya seharusnya sanggup mengirim ke area yang sangat luas meskipun harus melalui berbagai macam medan tempuh.

Memiliki Asuransi

Banyak kemungkinan yang terjadi saat barang dikirim kepada penerima. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Bukan maksud hati berpikir buruk, tapi alangkah baiknya jika jasa pengiriman memiliki asuransi sehingga barang Anda akan diganti jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan. Biasanya pihak paket yang baik akan bertanggungjawab jika nomor resi telah diterbitkan, melayani ganti rugi barang yang pecah atau hilang saat ekspedisi.

Fitur Tracking (cek resi)

Ketika Anda sudah membawa paket ke loket pengiriman dan membayar ongkos kirim artinya Anda sudah menerima nomor resi. Nomor tersebut harus Anda simpan hingga barang sampai ke tujuan, supaya Anda bisa memonitoring wilayah yang sudah ditempuh oleh barang kiriman. Anda cukup mengunjungi situs perusahaan jasa paket, kemudian menginput nomor resi (Cek resi) dan Anda akan melihat titik lokasi paket berada. Jasa paket yang profesional seharusnya memiliki fitur cek resi dan membiarkan pelanggan tahu lokasi barang.

Menelpon penerima jika kesulitan menemukan alamat tujuan

Meski sudah berpengalaman keliling kota, tetap saja kurir antar memiliki keterbatasan memahami tempat. Tidak jarang kurir langsung menghubungi penerima paket jika ia tidak menemukan alamat tujuan. Jika kurir pengantar benar-benar profesional, ia harus memastikan barang itu sampai ke tujuan dengan selamat.

News Feed