by

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Anda Beli

Saat waktu persalinan semakin dekat, tentu Kamu akan mulai berbelanja berbagai perlengkapan bayi. Namun, banyaknya perlengkapan bayi yang tersedia kadang membuat Kamu bingung untuk menentukan apa yang harus diprioritaskan untuk dibeli. Padahal tidak semua perlengkapan itu penting. Apa saja sih perlengkapan bayi baru lahir yang harus kamu beli?

Perlengkapan bayi baru lahir yang penting

Sebelum berbelanja perlengkapan bayi, sebaiknya Kamu membuat daftar perlengkapan yang harus dibeli. Tujuannya agar Kamu tidak bingung ataupun kewalahan karena banyaknya barang yang tersedia. Berikut beberapa perlengkapan bayi yang harus ada dalam daftar belanja Kamu:

Pakaian bayi

Membeli pakaian bayi yang sesuai dengan ukuran bayi pada umumnya saja. Namun, jangan terlalu banyak membelinya karena bayi bisa tumbuh dengan cepat. Oleh sebab itu, sebaiknya Kamu juga membeli beberapa pakaian yang ukurannya lebih besar.

Dalam memilih pakaian bayi, kenyamanan haruslah diutamakan. Pilihlah pakaian yang lembut, tidak membatasi gerak, dan mudah dipakai. Perhatikan memilih pakaian yang memiliki tali menggantung di sekitar leher yang  bisa beresiko membuat leher bayi terlilit. Dan pakai detergen yang lembut pada saat mencuci baju bayi untuk menghindari iritasi pada bayi.

Sebaiknya Kamu membeli pakaian bayi yang terdiri dari jumpsuits berlengan panjang atau pendek sebanyak 7-10 buah, baju panjang atau pendek sebanyak 5-7 buah, celana panjang atau pendek sebanyak 5-7 buah, sweater sebanyak tiga sampai lima buah, sarung tangan sebanyak dua buah, kaos kaki bayi lima sampai tujuh buah, dan kupluk bayi sebanyak dua buah.

Popok

Bayi yang pas lahir akan lebih sering ngompol dan ini akan lebih memerlukan banyak sekali popok. Bayi yang baru lahir bisa menghabiskan 10-12 popok setiap harinya. Kamu bisa membeli popok kain ataupun popok sekali pakai yang banyak tersedia di toko.

Selanjutnya beli juga tisu yang tidak memiliki bau untuk membersihkan kemaluan dan bokong bayi setiap kali mengganti popok, kalo tidak lap pakai dengan kain hangat. Krim pelembap untuk bokong maupun sekitar kemaluan bayi juga diperlukan, agar menghindari iritasi akibat popok. Tas perlengkapan popok juga mungkin diperlukan apalagi ketika berpergian sehingga Kamu tidak perlu repot membawanya.

Perlengkapan mandi

Kamu memerlukan beberapa perlengkapan untuk memandikan bayi Kamu nantinya, seperti bak mandi, kain lap, handuk, sabun, sampo, dan gelas plastik untuk membilasnya karena jika memakai gayung dikhawatirkan akan terguyur terlalu banyak. Selain itu, minyak telon juga diperlukan setelah mandi agar bayi Kamu tetap hangat.

Perlengkapan ASI

Khusus perlengkapan ASI, perlengkapan yang wajib untuk Kamu beli adalah pompa ASI. Terdapat banyak jenis pompa ASI yang tersedia di pasaran, mulai dari yang elektrik hingga manual, yang bisa Kamu pilih. Pompa ASI akan memudahkan Kamu untuk memerah dan tetap memberikan ASI pada bayi, meski Kamu sedang tidak bersama mereka.

Jika Kamu menyusui, maka Kamu akan membutuhkan bra menyusui untuk memudahkan pemberian ASI pada bayi di mana pun. Dot dan botol yang telah dibersihkan juga sangat perlu dibeli agar ASI hasil mompa dapat diberikan. Sebagai pelengkap, Kamu bisa membeli sterilizer untuk menyimpan botol dan dot agar tetap steril, serta penghangat ASI agar ASI bisa diberikan dalam suhu yang tepat. Kamu juga memerlukan kain untuk air liur atau muntahan bayi ketika menyusu.

News Feed