by

Energi Terbarukan, Solusi Menghadapi Krisis Energi

Isu kelangkaan energi merupakan salah satu isu dunia yang kerap dibahas di forum-forum internasional. Sumber energi fosil yang merupakan sumber pasokan energi terbesar di dunia merupakan salah satu energi yang keberadaannya terbatas. Energi fosil adalah energi yang dihasilkan dari bahan bakar fosil yaitu bahan bakar yang terbentuk dari dekomposisi sisa organisme selama jutaan tahun yang lalu. Contoh dari energi fosil ini diantaranya adalah minyak bumi, batu bara dan gas bumi. Ketiganya kerap dijadikan sumber penggerak pembangkit listrik.

Energi listrik memegang peranan penting di seluruh lini kehidupan bangsa, dari mulai urusan rumah tangga hingga industri. Tersendatnya pasokan energi listrik tidak hanya memperhambat aktivitas harian rumah tangga, pada skala industri pasokan listrik yang terbatas berpotensi menimbulkan kerugian yang tentunya akan berpengaruh terhadap roda ekonomi. Proses produksi yang terhambat merupakan imbas utama jika pasokan listrik industri tidak lancar.

Beruntungnya, Indonesia yang merupakan salah satu negara tropis yang memiliki potensi sumber daya alam melimpah. Potensi sumber daya alam ini bersifat terbarukan dan melimpah di Indonesia, jenis sumber daya ini di antaranya adalah air, angin, laut dan matahari. Dari empat macam sumber energi tersebut, dua di antaranya yakni laut dan matahari belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal Indonesia memiliki potensi gelombang laut yang cukup tinggi dan dilimpahi dengan matahari secara konsisten setiap harinya.

Walaupun kesediaanya yang melimpah, instalasi dari energi tenaga surya tidak murah. Salah satu penerapan energi surya yang cukup dikenal adalah teknologi hibrida. Teknologi hibrida atau energi hibrida merupakan perpaduan antara energi terbarukan dan energi tak terbarukan. Perpaduan energi hibrida ini melibatkan generator kelistrikan atau diesel sebagai pembangkit listrik cadangan dan energi terbarukan seperti tenaga surya sebagai sumber energi utama. Panel surya terbaik dan instalasinya dapat ditangani oleh Sewatama sebagai salah satu perusahaan handal yeng bergerak dalam bidang pengelolaan energi terutama listrik. Pemanfaatan energi terbarukan ini merupakan jawaban dalam menghadapi krisis energi fosil yang bisa saja terjadi dalam beberapa tahun ke depan.

Comment

News Feed