by

Ibu Ani Yudhoyono Sakit Kanker Darah

Kabar tidak menyenangkan datang dari ibu Ani Yudhoyono, ibu Ani Yudhoyono dikabarkan tengah sakit dan kini beliau dirawat di National University Hospital (NUH) Singapura. Mantan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, terus mendampingi dan memberikan semangat kepada ibu Ani Yudhoyono. Ibu Ani Yudhoyono didiagnosa  mengidap penyakit kanker darah.

Kanker darah adalah kanker hematologi yang dikenal dengan kanker darah. Kanker tersebut mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah. Sebagian besar kanker darah diawali dari sumsum tulang dimana darah diproduksi. sel-sel kanker mencegah sel-sel normal untuk menjalankan fungsinya.

Penyebab kanker darah sendiri adalah pertumbuhan yang tidak terkendali dari sel-sel darah, normalnya pertumbuhan sel-sel darah di dalam tubuh mengikuti jalur pertumbuhan teratur, pembelahan dan kematian, tapi sel-sel kanker darah tidak. Sel-sel penyebab kanker darah mati secara secara tiba-tiba, sel-sel kanker darah yang tidak normal dapat menyebar ke daerah lain, menekan sel darah normal dan fungsinya.

Para ahli sendiri masih belum mengetahui penyebab pastinya, tapi para ahli menduga perubahan dalam DNA bisa membuat sel-sel darah yang sehat bisa berubah menjadi kanker.

Gejala kanker darah adalah sesak nafas, memar yang berlebihan atau spontan, gusi membengkak dan membesar, merasa kenyang atau kembung, ruam kulit dan anemia.

Selama di rumah sakit AHY mengatakan SBY dan keluarga selalu menjaga pikiran dan hati ibu Ani Yudhoyono agar tetap semangat dan optimis, ibu Ani sendiri sangat tegar menghadapi penyakit yang dideritanya.

Selama ibu Ani Yudhoyono sakit dan dirawat di Rumah sakit, SBY,Ibas dan AHY selalu dan bergantian menjaga ibu Ani, begitupun dua menantu ibu Ani dan SBY juga ikut mendampingi.

“Pak SBY dari jam pagi sampai jam 8 malam, kemudian saya dan mas ibas bergantian menjaga ibu Ani, tapi kalau ada kegiatan di indonesia tentunya bergantian menjaga sampai beberapa hari”, ujar AHY.

Ibu Ani Yudhoyono meminta agar AHY tidak terus menerus menjaganya di singapura, Ibu Ani selalu mengingatkan agay AHY tetap menyapa masyarakat di indonesia.

Menurut AHY, ibu Ani adalah seorang yang sangat tegar, tabah justru saya yang diingatkan. “Gus jangan sampai kamu di sini, justru tugas-tugas di tanah air kemudian tidak dilaksanakan dengan baik,” tutur AHY mengulang perkataan Ibu Ani Yudhoyono.

Comment

News Feed