by

Ini Dia Cara Memilih Kain Katun untuk Membuat Celana

Pada sekarang ini kain katun tidak digunakan untuk membuat baju saja, tetapi juga untuk digunakan sebagai selendang, kerudung, seprei dan bisa juga dijadikan celana. Celana yang terbuat dari bahan katun memiliki keunggulan tertentu, yaitu akan lebih sejuk pada saat digunakan. Dan teman-teman bisa lihat tentang celana kerja wanita.

Tapi dalam tahan lamanya celana tidak tergantung pada jenis katun apa yang akan digunakan sebagai bahan celana tersebut. Maka mengenal bahan sangat direkomendasikan bagi  pemula yang ingin menjahit sendiri celananya.

Banyak sekali orang yang salah membeli bahan untuk membuat celana. Hasilnya adalah celana panas ketika digunakan, dan memberi efek gatal karena tidak sesuai dengan kulit pemakainya. Hal ini mungkin saja terjadi karena konsumen tidak melihat langsung bahan yang akan dijadikan celana. Karena itu ada baiknya untuk memilih sendiri bahan katun yang akan dipakai.

Berikut ini adalah tips memilih kain katun untuk membuat celana:

Kenali ciri-cirinya. Saat Anda berada di toko bahan tentu saja akan sulit membedakan mana katun yang bagus mana yang tidak kalau hanya melihat dari coraknya saja. Rasakan dan pilihlah bahan yang dirasa sangat nyaman pada kulit teman teman. Karena hal ini sangat penting agar mengetahui ciri dari karakteristik katun itu sendiri secara langsung.

Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kesalahan saat membelinya. Terlebih lagi jika sampai terlanjur membuatnya menjadi celana. Adapun ciri-cirinya adalah tekstur lebih halus dan lembut, bahan lebih kuat dan tahan lama, nyaman ketika digunakan serta tidak akan menimbulkan rasa panas. Selain itu juga, bahan katun lebih mudah dalam perawatannya ketimbang dengan yang lain serta tidak menimbulkan alergi.

Kenali jenisnya. Selain mengenali cirinya penting juga untuk mengetahui jenis-jenisnya agar dapat dengan mudah memilih bahan katun mana yang akan dibeli. Selain itu juga dapat mempersingkat waktu sehingga tidak perlu berlama-lama memilih. Kain katun memiliki beberapa jenis dengan karakteristik yang hanya memiliki sedikit perbedaan. Namun jika dipelajari lebih lanjut akan lebih mudah untuk mengerti. Bahan katun tersebut adalah katun Bangkok, katun Rayon, katun Sutera, Katun Jepang, katun Cina, katun Paris, serta ada juga katun minyak. Sebagai tips pilihlah katun yang terbuat dari 100% kapas.

Cek permukaan bahan. Agar dapat bisa mengetahui kualitas dari bahan yang akan teman teman jadikan celana, lebih baik rasakan permukaan bahan dengan perlahan. Cara ini dilakukan agar dapat memastikan apabila bahan katun benar benar terasa halus dan sangat nyaman pada saat digunakan. Dan kain yang sudah terbukti halus artinya kain itu sudah dipastikan memiliki kualitas yang sangat baik.

Genggam. Genggamlah beberapa saat permukaan bahan. Fungsinya juga sama, yaitu mengecek seberapa baik kualitas dari bahan katun tersebut. Untuk mengetahuinya tidak ada salahnya melakukan cara ini. Hal ini berguna untuk mengecek kain tersebut terasa panas atau dingin ketika di genggam. Jika dingin berarti bahan nyaman jika digunakan termasuk dijadikan celana.

Stretch. Langkah yang satu ini digunakan untuk mengukur seberapa kuatnya bahan. Caranya adalah tarik bahan namun jangan sampai membuatnya rusak. Jika bahan tetap seperti kondisi semula itu artinya kualitas bahan katun tersebut kuat dan tahan lama. Jika kain berubah menjadi sedikit lemas atau benar terlihat tertarik, maka terbukti bahwa kualitasnya rendah. Stretch dengan perlahan.

Itulah informasi tentang Ini Dia Cara Memilih Kain Katun untuk Membuat Celana dan teman teman juga bisa lihat tentang celana bahan wanita.

News Feed