by

Ini Dia Manfaat Kacang Mede untuk Kesehatan Kita

Darimana Asal Kacang Mede?

Tapi sebelum kita mengulik lebih lanjut tentang manfaat kacang mede, kita singgah dulu ke asal-muasal kacang ini. Jadi kacang mede ini sebenarnya bukan kacang. Tapi dia adalah biji dari poon jambu mede. Masyarakat kita mengenalnya dengan nama lain: Jambu monyet. Nah, karena aslinya dia bukan kacang, maka secara keluarga, mede lebih dekat kepada mangga daripada keluarga kacang.

Biji yang mencuat keluar dari jambu inilah yang kita namakan dengan kacang mede. Ketika dia matang, biji ini dipisahkan dari jambu, kemudian dijemur. Setelah kandungan airnya habis, kacang mede dapat dipanggang, digoreng, dimakan mentah, atau dijadikan campuran makanan lain.

Seperti yang kami katakan di atas, bahwa kacang mede memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan kita. Dan berikut adalah sembilan diantaranya, dan teman teman bisa melihat informasi supplier kacang mede:

  • Kacang mede menyehatkan jantung

Satu penelitian di Jurnal Nutrisi Inggris menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang mede lebih dari empat kali sepekan terbukti menurunkan resiko penyakit jantung koroner sebesar 25% dibanding dengan orang yang jarang mengonsumsi kacang.

Ini karena kacang mede memiliki persamaan dengan manfaat kacang tanah. Yakni mengandung banyak sekali zat yang baik untuk jantung. Seperti asam lemak tak jenuh (lemak baik) yang bisa menurunkan kadar lemak jahat. Perlu diketahui, bahwa lemak jahat inilah sumber penyakit dalam yang berbahaya seperti serangan jantung.

  • Memadatkan tulang

Kacang mede adalah bahan panganyang kaya akan zat tembaga.Lho? Jadi kita makan tembaga?, bukan. Tapi zat tembaga. Zat ini diperlukan tubuh untuk menggantikan jaringan persendian yang rusak. Kalau tubuh tidak mendapatkan masukan zat besi yang cukup, Anda akan mudah terserang penyakit, khususnya di daerah sendi. Kurangnya zat tembaga ini juga dapat memicu osteoporosis alias tulang keropos.

  • Makanan untuk diet

Ini dia yang menjadi masalah banyak orang: obesitas. Obesitas atau kegemukan kebanyakan disebabkan karena kurangnya olahraga atau pola makan yang salah. Suka makan gorengan, fastfood dan makanan manis menjadi salah satu penyebab utama kegemukan.

Namun menjaga berat badan dengan mengonsumsi makanan sehat kadang tidak dilirik orang. Ini mungkin karena rasa makanan sehat yang kurang nendang, berlawanan dengan kultur masyarakat Indonesia yang suka banget rasa rempah yang kaya (yang bisa didapatkan dengan menambahkan MSG dalam masakan)

Adakah makanan enak yang bisa mengontrol berat badan kita? Jawabannya: kacang mede. Dua penelitian yang dilakukan di Amerika (satu di tahun 2004 dan satu lagi di tahun 2017) membuktikan kacang mede mampu mengerem nafsu makan yang berlebih. Sama seperti manfaat kacang almond, Mede mengandung lemak tak jenuh dan protein, sehingga menjadikan kita tidak cepat lapar.

  • Merawat mata

Kalau Anda berpendapat bahwa makan wortel baik untuk mata, ini tidak salah. Tapi ternyata banyak orang yang belum sadar bahwa makan kacang mede juga menyehatkan mata.

Iya, ini benar. Mengonsumsi kacang mede secara teratur terbukti mampu melindungi mata dari penyakit-penyakit yang berujung pada kebutaan.

  • Mencegah anemia

Anemia adalah penyakit yang diderita banyak orang di Indonesia, terutama perempuan. Bila Anda orang yang sering lemas, ngantuk dan tek bertenaga saat jam kerja, bisa jadi Anda menderita anemia. Segera periksakan ke doker bila Anda merasakan gejala seperti ini.

Selanjutnya, Anda bisa rutin mengonsumsi kacang mede, karena makanan ini membantu tubuh dalma memproduksi serta menggunakan sel darah merah, sehingga suplai darah tetap terjaga. Untuk Anda yang belum terkena anemia alias masih sehat, tak ada salahnya mulai rutin mengonsumsi kacang mede untuk menghindari gejala anemia. Baca juga informasi supplier kapulaga.

News Feed