by

Inilah 5 Langkah yang Bisa Dilakukan Bumil Agar Tidak Sampai Terserang Virus Corona

Bagi wanita yang sedang hamil, munculnya wabah virus Corona seperti sekarang ini tentunya menjadi sesuatu yang sangat menakutkan bukan. Mengingat resikonya tak hanya pada diri Anda sendiri. Melainkan juga resiko pada janin yang sedang dikandung. Mulanya penyakit yang diberi nama dengan Covid 19 ini memang pertama kali muncul di Wuhan, China pada akhir tahun 2019 lalu. Namun hanya selang beberapa bulan saja setelah kasus pertamanya, ternyata ia sudah mulai menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Bahkan dapat dikatakan jika wabah ini menjadi bencana yang cukup berat pada 1 abad terakhir, mengingat sampai sekarang ini jumlah korban jiwa yang disebabkan olehnya terbilang cukup tinggi, yaitu sudah lebih dari 53 ribu jiwa dari berbagai penjuru dunia. Indonesia sendiri juga termasuk negara yang berkontribusi menyumbangng korban jiwa cukup besar. Bahkan kemungkinan jumlahnya akan senantiasa mengalami peningkatan jika seandainya belum ditemukan vaksin yang benar-benar efektif untuk mengatasinya.

Setiap orang memang beresiko, hanya saja orang-orang dengan sistem imuns atau kekebalan tubuh lemah lebih tinggi resikonya. Termasuk diantaranya adalah wanita yang sedang hamil. Namun tidak perlu khawatir mengingat tetap ada upaya yang dapat dilakukan untuk pencegahan virus Corona bagi bumil, berikut ini diantaranya, yaitu:

  1. Terapkan social distancing, sebaiknya bumil tetap berada di rumah selama wabah ini masih berlangsung. Apalagi sekarang juga sudah diterapkan kebijakan bekerja dari rumah bagi beberapa golongan. Karena dengan berada di dalam kerumunan atau berkelompok ini sebenarnya hanya akan membuat Anda lebih rentan tertular Covid 19 tanpa disadari, mengingat Anda tidak tahu kemungkinan orang yang ada di sekitar Anda tersebut membawa virus ini.
  2. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun, hal sepele yang selama ini mungkin sering kali Anda abaikan, namun sebenarnya sangatlah bermanfaat besar bagi hidup. Termasuk diantaranya adalah dapat membantu untuk mengurangi resiko terserang penyakit. Bukan hanya Covid 19 saja, melainkan juga jenis penyakit berbahaya yang lainnya. Jadi pastikan secara rutin sebelum dan setelah melakukan sesuatu hendaknya mencuci tangan pakai sabun. Ketika tidak memungkinkan dalam cuci tangan memakai sabun, maka Anda dapat mengandalkan hand sanitizer sebagai penggantinya.
  3. Menggunakan masker jika terpaksa keluar rumah, semisal harus keluar rumah untuk berbelanja dan sejenisnya. Maka pastikan untuk memakai masker. Mengingat bagaimanapun keberadaan masker ini sebenarnya memiliki manfaat untuk mencegah nantinya virus masuk lewat hidung dan juga mulut, apalagi ketika sedang berada di luar rumah ataupun juga sarana umum.
  4. Mengonsumsi menu makanan yang bergizi, konsumsi makanan yang bergizi ini nyatanya tak hanya untuk menunjang pertumbuhan buah hati yang ada dalam kandungan secara optimal saja. Melainkan lebih dari itu sebenarnya juga sangatlah berguna di dalam meningkatkan sistem imuns atau kekebalan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kiat maka memungkinkan tubuh secara alami dapat melawan infeksi Coronavirus.
  5. Berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari, khususnya adalah di jam 9 hingga 11 pagi, cukup dengan 15 menit saja maka akan banyak sekali diantara manfaat yang bisa Anda rasakan, termasuk diantaranya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Mudah bukan, temukan berbagai upaya untuk mencegah agar tidak sampai terserang virus Corona di Halodoc. Anda juga bisa konsultasi dengan banyak dokter spesialis secara langsung mengandalkan aplikasi ini.

News Feed