by

Inilah Cara Memilih Asuransi Kendaraan dengan Tepat

Kendaraan adalah sebuah aset yang memiliki nilai yang terbilang cukup tinggi, hal ini tentu menjadi sebuah pertimbangan tersendiri bagi Anda untuk merawat dan bahkan melindunginya dengan sebaik-baiknya. Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi aset berharga tersebut adalah dengan cara membeli polis asuransi kendaraan.

Fungsi dari asuransi kendaraan sendiri ialah untuk perlindungan yang akan menjamin Anda dari berbagai risiko/ kerugian yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi pada kendaraan Anda. Semisal, resiko banjir, bencana alam, huru-hara, maupun kebakaran. Hal-hal seperti ini tentu tidak bisa diprediksikan, nah, dengan melindungi kendaraan (mobil/motor) dengan asuransi kendaraan akan bermanfaat positif untuk Anda.

Bisa dibilang punya asuransi kendaraan zaman now itu sangat penting sebagai sebuah bentuk perlindungan dan juga antisipasi atas berbagai macam hal yang bisa saja merugikan finansial Anda sewaktu-waktu saat terjadi musibah. Anda tentu tidak mau mengambil sejumlah risiko atau merugi atas kendaraan yang Anda miliki, bukan?

Meski terbilang sudah cukup familiar dengan penggunaan layanan asuransi, namun Anda tetap harus mengetahui cara memilih asuransi kendaraan yang tepat. Berikut tips pilih asuransi kendaraan agar Anda bisa menemukan asuransi terbaik sesuai dengan bujet Anda. 

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat dan mengetahui dengan jelas mengenai kondisi kendaraan Anda, hal ini biasanya meliputi: kondisi mesin, body, usia dan berbagai hal lainnya yang dianggap perlu menjadi pertimbangan. Dengan mengetahui kondisi kendaraan tersebut, maka Anda dengan mudah bisa memilih jenis asuransi kendaraan yang paling tepat bagi kendaraan Anda tersebut.

Terdapat 2 jenis asuransi kendaraan yang bisa Anda pilih dan pertimbangkan, yakni:

  • Asuransi All Risk atau Comprehensive
    Asuransi ini akan menjamin hampir semua risiko yang mungkin akan terjadi pada kendaraan Anda, seperti kecelakaan besar serta kecelakaan kecil. Namun meski begitu, akan selalu ada pengecualian dalam polis asuransi tersebut yang patut Anda cermati dan ketahui sejak awal, agar berbagai hal tersebut tidak akan menimbulkan sejumlah kerugian bagi Anda di masa yang akan datang.
  • Asuransi Total Loss Only (TLO)
    Asuransi ini hanya akan menjamin kerusakan kendaraan yang terjadi di atas 75% saja, artinya berbagai kecelakaan atau kerusakan kecil tidak akan dijamin olehnya.

2. Ketahui Keuntungan Produk Secara Rinci

Setiap jenis asuransi kendaraan, tentu akan memberikan manfaat dan juga keuntungan yang berbeda-beda, tergantung pada jenis dan juga fitur layanan yang Anda butuhkan. Pastikan untuk mengetahui berbagai keuntungan dan juga bentuk perlindungan yang akan diberikan oleh asuransi kendaraan yang akan Anda beli, sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian di masa yang akan datang.

3. Lakukan Perbandingan

Mengetahui satu produk saja tentu tidak akan efektif untuk bisa menemukan satu layanan asuransi terbaik. Lakukan perbandingan terhadap produk yang sama yang berasal dari perusahaan asuransi yang berbeda, sehingga Anda mengetahui dengan jelas kira-kira layanan asuransi dari perusahaan mana yang paling tepat dan akan Anda jadikan sebagai pilihan. Perbandingan ini bisa dilakukan dengan cara mendatangi perusahaan asuransi atau dengan cara mendatangi situs resmi mereka lewat jaringan internet.

News Feed