by

Inilah Peran Zat Besi bagi Kesehatan

Kesehatan merupakan karunia dari Tuhan yang harus dijaga. Sebab, ketika sakit, maka pasien harus mengeluarkan banyak biaya untuk menyembuhkannya. Belum lagi kondisi tubuh yang semakin parah dan tidak seimbang. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh seperti zat besi atau zinc. Zinc merupakan salah satu bentuk mikronutrien yang penting dalam tubuh.

Ya, meskipun kadar yang dibutuhkan kecil, namun keberadaannya berguna untuk kesehatan. Salah satunya menjaga supaya penyakit diare tidak kunjung parah. Dalam kondisi tersebut, zinc akan bertindak mengurangi tingkat keparahan dari diare supaya tidak kronis, mengurangi frekuensi dari buang air besar, mengurangi volume feses yang keluar, juga berpotensi menurunkan tingkat kekambuhan pada bulan-bulan berikutnya.

Zinc dapat diperoleh baik secara alami dari makanan berupa sayuran seperti bayam, atau bisa juga dikonsumsi melalui suplemen zat besi. Namun, harus diperhatikan kadar yang disarankan sesuai dengan usia konsumennya. Tak hanya efektif mengatasi kehamilan, zat besi juga penting untuk menjaga kehamilan juga mencegah amenia. Berikut ini akan diulas mengenai pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia.

Salah satu manfaat dari zinc adalah membantu proses pembuatan hemoglobin. Tentu kalian tidak akan asing dengan istilah tersebut karena hemoglobin merupakan bagian dari sel darah merah yang berfungs sebagai transportasi dalam tubuh. Selama masa kehamilan, komposisi hemoglobin harus tersedia dengan cukup supaya suplai oksigen dari ibu ke bayi lancar. Paling tidak, sang ibu harus menjaga asupan zat besi sebanyak 27 mg tiap harinya. Jumlah tersebut adalah dua kali lipat dari rekomendasi kadar zat besi bagi wanita yang tidak hamil.

Tak hanya menjaga kestabilan suplai oksigen bagi bayi, kekurangan zat besi dalam tubuh juga berakibat buruk seperti terjaidnya anemia. Tentu kalian sudah tahu bukan akibat dari anemia bagi ibut hamil? Yaitu risiko kelahiran bayi dalam kondisi prematur, berat badan bayi rendah, bahkan kematian jabang bayi. Namun jangan khawatir, selain mengonsumsi sayur, Anda juga dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh dengan mengonsumsi suplemen zat besi. Silakan baca lebih lanjut mengenai suplemen tersebut di situs https://www.guesehat.com/ ya!

Comment

News Feed