by

Manfaat dari Habbatussauda Perlu Anda Ketahui

Minum jamu sekarang sudah menjadi kebiasaan yang turun menurun untuk masyarakat Indonesia. Ada salah satu tumbuhan yang sering diolah menjadi obat herbal yakni habbatussauda, yang punya nama latin Nigella sativa. Namun sebenarnya apa sih, manfaat dari habbatussauda untuk kesehatan?

Apakah Kamu Tahu apa itu Habbatussauda?

Sejatinya, habbatussauda yakni biji jintan hitam yang berasal dari tanaman yang berbunga tahunan yakni bernama Nigella sativa dari keluarga Ranunculaceae, ini adalah tanaman asli Asia Selatan dan Asia Barat.

Pada negara asalnya, jintan hitam yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap dan pengawet alami untuk masakan India dan juga di Timur Tengah. Jintan hitam juga memiliki rasa dan aroma yang khas pahit-pedas misalnya seperti kombinasi bawang merah, lada hitam, dan juga oregano.

Macam-macam Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan

Banyak manfaat dari habbatussauda pertama kali diteliti oleh Ibnu Sina, ia adalah ilmuwan Persia yang dianggap sebagai salah satu pemikir dan penulis paling terkenal dari Zaman Keemasan Islam saat itu, dalam jurnal medisnya Canon of Medicine. Ibnu Sina telah menulis bahwa biji jintan hitam ini sangat bermanfaat sebagai pengobatan sesak napas, baik karena gejala asma ataupun karena masalah pernapasan lainnya.

Kemudian dalam pengobatan tradisional, habbatussauda juga digunakan terutama sebagai perangsang produksi ASI, serta obat cacingan. Jintan hitam juga telah digunakan sebagai diuretik dan juga pelemas otot atau untuk kedutan dan kejang, serta untuk meningkatkan kekebalan tubuh supaya bisa melawan penyakit menular pada orang yang memiliki sistem imun lemah.

Tidak hanya itu, biji jintan hitam juga telah digunakan untuk mengobati sakit kepala, sakit gigi, flu dan juga hidung tersumbat. Habbatussauda juga telah digunakan untuk bisa mengobati rematik, reaksi alergi, mata merah atau konjungtivitis, wasir, luka bernanah (abses), hingga masalah pencernaan misalnya seperti diare, disentri, sembelit, kolik, dan juga perut kembung. Minyak habbatussauda yang dioles ke kulit juga telah dilaporkan bisa menyembuhkan reaksi alergi kulit akibat dermatitis kontak.

Namun apa kata dunia medis modern tentang manfaat habbatussauda ini?

1. Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma

Hal ini khususnya bagi pria perokok berat, karena kandungan nikotin dan racun lainnya dalam rokok juga telah lama diketahui mengurangi kelincahan sperma untuk berenang atau motilitas dan juga memengaruhi bentuk normalnya. Kemudian nikotin juga memunculkan dampak negatif pada struktur jaringan testis. Atau kelainan pada sperma dan testis yang merupakan faktor risiko penting dari masalah kesuburan pria. Ada sebuah penelitian asal University of Malaysia tahun 2014 yakni dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine juga telah  melaporkan bahwa minyak habbatussauda dapat meningkatkan kualitas sperma dan menunjang struktur jaringan organ testis yang lebih baik.

2. Dapat Mengatasi Gejala Diabetes Tipe 1

Thymoquinone atau TQ) yakni merupakan senyawa aktif utama yang terkandung dalam minyak habbatussauda. Jika sudah melakukan percobaan pada tikus lab, yakni pada sebuah penelitian dari Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia tahun 2014 lalu juga menemukan bahwa injeksi TQ dalam dosis tinggi juga dapat menghentikan perkembangan penyakit diabetes tipe 1 seutuhnya lho.

Satu studi lainnya yakni dari Zagazig University di Mesir untuk melaporkan bahwa ketika ekstrak habbatussauda yang dicampur dengan rempah herbal khas Timur Tengah lainnya misalnya Myrrh, Gum olybanum, dan juga Gum asafoetida efektif juga menurunkan kadar gula darah pada tikus lab karena hal ini juga adanya efek penghambatan metabolisme glukosa di hati. Sehingga oleh karena itu, peneliti juga percaya bahwa ekstrak herbal ini juga mungkin dapat digunakan sebagai pengobatan diabetes yang tidak bergantung pada obat insulin.

News Feed