by

Manfaat Minum Susu bagi Tubuh: Kaya Nutrisi, Kalsium Hingga Kuatkan Tulang

Manfaat minum susu bagi tubuh di antaranya untuk menguatkan tulang dan membantu mencegah kenaikan berat badan. Mengapa kita perlu minum susu dan kapan waktu terbaik minum susu? Minum susu identik dengan kebiasaan yang kita lakukan saat anak-anak. Susu juga erat kaitannya dengan pertumbuhan bayi. Dengan meminum susu yang berkualitas dengan sebuah merk susu tinggi kalsium yang sangat bagus.

Kandungan susu yang kaya manfaat bagi tubuh bikin rutinitas mengonsumsi susu terkadang berlanjut hingga balita, remaja, bahkan dewasa. Kandungan Susu Susu murni kaya akan beragam nutrisi, seperti kalori, protein, lemak, kalsium, vitamin D, kalium, fosfor, selenium, vitamin A, magnesium, dan B12. Susu juga kaya protein. Secangkir susu mengandung 8 gram protein dan mengandung semua sembilan asam amino esensial.

Manfaat Minum Susu bagi Tubuh

Berikut ini lima manfaat kesehatan yang bisa diperoleh saat seseorang rutin minum susu:

Susu Kaya akan Nutrisi

Satu cangkir susu susu murni mengandung beragam nutrisi, yakni kalori, protein, lemak, kalsium, vitamin D, kalium, fosfor, selenium, vitamin A, magnesium, dan B12.

Meski begitu, kandungan nutrisi dari susu pun bervariasi, tergantung pola makan serta jenis susu sapi yang dikonsumsi. Susu sapi organik dan yang diberi makan rumput biasanya mengandung jumlah antioksidan bermanfaat yang lebih tinggi, seperti vitamin E dan beta-karoten, yang membantu mengurangi peradangan dan melawan stres oksidatif.

Sumber Protein Berkualitas

Susu adalah sumber minuman yang kaya protein, secangkir susu mengandung 8 gram protein dan mengandung semua sembilan asam amino esensial. Nutrisi ini dapat membantu mengurangi kehilangan otot yang berkaitan dengan usia dan mendorong perbaikan otot setelah berolahraga. Selain itu, ada dua jenis protein dalam susu yang juga baik untuk pertumbuhan tubuh, yakni kasein dan protein whey. Kasein merupakan mayoritas protein yang ditemukan dalam susu sapi, terdiri dari 70-80 persen dari total kandungan protein, sementara whey menyumbang sekitar 20 persen.

Menguatkan Tulang

Rutin minum susu telah lama dikaitkan dengan tulang yang sehat. Hal ini karena kombinasi nutrisi yang terkandung di dalamnya, termasuk kalsium, fosfor, kalium, protein dan vitamin K2. Semua nutrisi ini sangat penting untuk menjaga tulang yang kuat dan sehat. Menambahkan susu dan produk susu ke dalam makanan, bisa mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan mengurangi risiko patah tulang.

Membantu Mencegah Kenaikan Berat Badan

Susu mengandung berbagai komponen yang dapat berkontribusi pada penurunan berat badan dan mencegah penambahan berat badan. Selain itu, banyak penelitian mengaitkan diet yang kaya kalsium dengan risiko obesitas yang lebih rendah. Selain itu, kalsium diet tingkat tinggi bisa meningkatkan pemecahan lemak dan menghambat penyerapan lemak dalam tubuh.

Susu adalah Bahan Serbaguna

Susu adalah bahan serbaguna yang bisa ditambahkan ke menu diet. Seperti Smoothie, oatmeal, kopi, dan sup. Dengan mencampurkan susu ke menu makanan, membuat seseorang tidak akan berkurang nutrisi dan tentu menjadi sehat.

News Feed