by

Mari Mengenal Sejarah Dari Tali Sepatu yang Bagus untuk Diketahui

Fakta sebagian besar penelitian bahwa umur tali sepatu setua umur sepatu. Para arkeolog percaya orang-orang kuno memakai tali sepatu guna alasan yang sama seperti sekarang. Museum di London mendokumentasikan contoh sepatu dari abad ke-12. Sepatu yang ada menunjukkan tali yang melewati serangkaian kait atau lubang dibagian depan atau sisi sepatu serta diikat jadi simpul daripada digantung longgar.

Para arkeolog berpikir 5000 tahun yang lalu di periode Neolitik akhir dan jaman Perunggu Awal, manusia gua dan wanita memakai desain tali sepatu khusus dengan tujuan membedakan asal suku mereka dan yang terpenting, tali sepatu menjaga sepatu manusia purba tetap pas dan kencang di kaki, mengkombinasikan kebutuhan mereka dalam melakukan perjalanan jauh tanpa membuat kerusakan parah di kaki mereka.

Sepanjang sejarah, sepatu dan tali sepatu berevolusi bersamaan manusia berevolusi. Berubah seiring lingkungan, trend mode serta kebutuhan profesional dan kreasi manusia. Ribuan tahun sebelum industrialisasi, bumi ditumbuhi, milik alam dan milik manusia purba. Sepatu kulit tertua ditemukan para arkeolog di periode ini. Sepatu tua yang mirip mokasin terlihat sangat mirip dengan sepatu modern. Terdapat tali pengikat kulit di kedua jahitan depan dan belakang sepatu. Awal 2000 SM, orang Yunani dan Romawi membuat sepatu dari potongan kulit yang diikat ke kaki dan pergelangan kaki dengan tali dari bahan kulit.

Sandal dengan ujung terbuka disebut sebagai karbatin, berasal dari kata karbatinos yang artinya terbuat dari kulit mentah. Tujuan karbatin dibuat supaya pas dengan kaki kanan atau kiri. Di abad ke-16 atau selama tahun 1500-an di Irlandia dan Skotlandia pertama kali ada sepatu Brongues. Sepatu Brongues sangat terkenal di kalangan pria yang cari solusi guna sepatu cepat kering ketika mengarungi rawa basah dan berlumpur. Brongue  pada awalnya diikat di atas kaki strip kulit berlubang dan gesper. Sepatu Brogan yang sekarang dikenal adalah evolusi dari sepatu Brongue ini. Sepanjang abad 17, 18 dan 19. Sepatu dengan gaya Brogan populer di kalangan tentara perang sebab sepatu ini dapat menyangga kaki dan pergelangan kaki.

Demikian sejarah asal mula tali sepatu dari jaman manusia purba hingga sekarang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pecinta sepatu yang menggunakan tali.