by

Membantu Anak-anak di Situasi Bencana Alam

Bencana alam adalah salah satu musibah yang dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Bencana alam adalah peristiwa alam yang biasanya terjadi baik secara alami ataupun tidak, sehingga mengakibatkan adanya kerugian bagi kehidupan makhluk hidup. Kondisi bencana alam tidak dapat dihidari dengan mudah walaupun ada kemungkinan untuk melakukan tindakan pencegahan untuk meminimalkan korban jiwa dan harta pada bencana alam yang mungkin akan terjadi.

Saat bencana alam terjadi, setiap makhluk hidup yang ada dilokasi terdampak bencana biasanya akan mengalami kerugian, dan salah satu korban bencana alam yang paling rentan adalah anak-anak. Mengapa Anak-anak dikatakan cukup rentan terhadap musibah bencana alam yang terjadi, karena anak-anak masih memiliki daya tahan tubuh yang belum sempurna. Kondisi daya tahan tubuh pada anak-anak tentu berbeda dengan pada orang dewasa yang lebih kuat dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Misalkan aat berada di lokasi pengungsian, berbagai macam penyakit bisa saja terjadi dan menimpa anak-anak di lokasi bencana. Kondisi ini tentu sangat perlu diwaspadai bersama, mengingat anak-anak merupakan generasi penerus bangsa masa depan yang perlu dijaga proses tumbuh kembangnya.

Biasanya selain kondisi lingkungan yang kurang baik dan tidak kondusif pada saat bencana alam terjadi, anak-anak juga akan mengalami trauma secara psikologis. Kejadian bencana alam dapat mengakibatkan efek trauma yang mendalam bagi anak-anak, sehingga terkadang dapat memberikan pengaruh pada tumbuh kembang anak-anak. Oleh karna itu, diperlukan proses pendampingan dan perlindungan untuk anak-anak yang tertimpa musibah dan berada di lokasi bencana alam.

Untuk membantu dalam melindungi anak-anak korban bencana alam, ada berbagai usaha yang dapat Anda lakukan. Salah satu usaha termudah yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan pemberian donasi melalui situs sumbangan online UNICEF Indonesia di www.supportunicefindonesia.org. Kegiatan penggalangan dana online melalui UNICEF Indonesia dapat dipastikan aman dan terpercaya, serta sangat mudah untuk dilakukan. Dengan melakukan donasi secara online, berarti Anda telah sukses berpartisipasi aktif dalam melindungi anak-anak korban bencana alam.

News Feed