by

Mengenal 3 Jenis Produk yang Ditawarkan Oleh Perbankan Syariah

Banyak diantara masyarakat Indonesia yang mungkin agar khawatir untuk melakukan transaksi dengan perbankan, dikarenakan bukan sebuah rahasia lagi jika setiap produknya disertai dengan adanya bunga atau riba. Sehingga bagi masyarakat muslim ini akan terasa cukup menganggu karena tidak halal. Namun jangan khawatir karena sekarang di Indonesia sendiri sudah banyak diantara perbankan berbasis hukum ekonomi Islam, yaitu yang dikenal sebagai bank syariah, tawarkan solusi untuk beragam masalah keuangan Anda secara halal.

Dalam bank syariah ini sendiri sebenarnya jika dilihat dari segi pilihan produknya sangatlah banyak. Berikut ini diantaranya yang hendaknya harus Anda ketahui, jadi tidak sampai salah dalam memilih, yaitu:

  1. Produk penghimpun dana, di dalam perbankan syariah produk yang satu ini bentuknya sendiri ada yang tabungan layaknya tabungan mudharabah syariah, kemudian juga ada yang bentuknya giro hingga deposito yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabahnya. Dalam penghimpunannya maka pihak perbankan menggunakan 2 prinsip ekonomi Islam disini, diantaranya adalah wadiah dan juga prinsip mudharabah.
  2. Produk penyalur dana, jenis produk yang kedua adalah penyalur dana. Produk pembiayaannya didasarkan atas 3 kategori, yaitu prinsip jual beli, kemudian juga ada yang memakai prinsip sewa dan satu diantaranya adalah dengan menggunakan prinsip bagi hasil.
  3. Produk jasa keuangan, yang terakhir disini adalah produk jasa keuangan, selain bank syariah melakukan penghimpunan dan juga penyaluran dana, maka ia juga menawarkan sebuah jasa kepada nasabahnya, tentunya dengan imbalan berupa sewa ataupun juga keuntungan yang didapatkan, seperti diantaranya adalah jual beli valuta asing dan juga ijarah atau sewa.

Jadi sebenarnya produk dari bank syariah sendiri tidak kalah bukan jika dibandingkan dengan bank konvensional, sehingga apa salahnya jika Anda melakukan transaksi dengan perbankan yang menerapkan hukum ekonomi Islam ini, mengingat di Indonesia ada banyak sekali tawaran lembaganya, salah satu diantaranya adalah bank syariah Bukopin, bisa Anda percayakan juga untuk mendaftar ibadah haji. Namun sebelumnya ketahui terlebih dahulu syarat daftar haji 2019 ini.

Comment