by

Mengenal Apa Saja Spare Part Mobil yang Wajib Diganti Secara Rutin

Setiap pemilik mobil memiliki kewajiban untuk merawat kendaraannya agar tetap prima, terutama jika Anda mengandalkannya untuk menunjang aktivitas harian.  

Tidak hanya sebatas membawanya servis rutin semata, ternyata ada beberapa suku cadang kendaraan yang wajib diganti. Apa saja sparepart mobil Honda yang perlu diganti secara rutin? 

1. Filter Udara 

Sebenarnya filter udara dapat dibersihkan lewat servis berkala, namun masih belum banyak pemilik kendaraan yang tidak mengetahui bahwa suku cadang satu ini memiliki batas usia. 

Bahkan sebelum memasuki batas usianya, performanya mulai menunjukkan penurunan yang menandakan bahwa suku cadang tersebut harus segera diganti dengan yang baru. 

Sesuai dengan pemberian namanya, suku cadang satu ini memiliki fungsi untuk menyaring debu maupun kotoran yang berasal dari udara luar agar tidak memasuki ruang bakar mesin. 

Dengan membersihkannya secara rutin usai melewati jalanan berdebu, secara otomatis mampu menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan. 

2. Filter AC 

Selain  filter udara, apa saja spare part mobil yang perlu diganti secara rutin ? Sebagai pemilik kendaraan, Anda juga diwajibkan membersihkan filter AC yang sudah kotor akibat debu dan kotoran yang menempel. 

Jika tidak segera dibersihkan, maka kinerja AC akan terganggu sehingga tidak mampu menghasilkan udara dingin seperti biasanya. 

3. Busi Kendaraan 

Busi termasuk salah satu suku cadang yang berukuran mungil namun memegang peranan penting bagi kinerja mesin kendaraan. 

Sangat penting untuk mengenali ciri-ciri busi mobil yang rusak. Sebab busi bertugas untuk mematik api agar terjadi pembakaran pada ruang mesinnya. Apabila busi mengalami kerusakan, maka sangat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar kendaraan. 

Ketika mendapati busi kotor, maka sudah tugas Anda untuk membersihkannya agar proses pembakaran berjalan sempurna. Sedangkan busi kendaraan yang sudah memasuki batas usianya harus segera diganti dengan busi baru demi pembakaran lebih optimal. 

4. Oli Mesin dan Filter Oli 

Oli mesin dan filter oli termasuk salah satu suku cadang yang perlu diganti secara rutin, terutama ketika usia pakainya sudah cukup lama. Hal ini perlu dilakukan, mengingat kedua oli mesin tersebut memiliki peran penting untuk melumasi bagian dalam mesin sekaligus menjaga komponen mesinnya agar tidak saling bergesekan. 

Bahkan pabrikan kendaraan bermotor menyarankan sang pemilik untuk mengganti oli mesin jika telah menempuh 1.000 km pertama ketika membeli kendaraan baru. 

Sedangkan untuk seterusnya, pemilik disarankan untuk mengganti kedua jenis oli mesin setiap kendaraan telah menempuh perjalanan 10.000 km. Bila tidak, Anda harus bersiap menghadapi bahaya karena tidak mengganti oli secara rutin. 

5. Aki Kendaraan 

Bunyi klakson tidak lagi nyaring atau mesin tidak dapat dinyalakan meski sudah berulang kali di starter

Salah satu penyebabnya adakah rusaknya aki mobil sehingga pasokan tenaga yang dihasilkannya kurang maksimal, sehingga sang pemilik kendaraan harus menggantinya. Itulah apa saja spare part mobil yang perlu diganti secara rutin. 

Membawa kendaraan kesayangan ke tempat servis resmi adalah salah satu cara perawatan yang bisa dilakukan agar kondisi mobil tetap prima. 

Bahkan teknisi kerap kali menawarkan adanya pergantian suku cadang tertentu agar performanya tidak menurun. Segeralah ganti suku cadang untuk meminimalisir terjadinya kerusakan lebih besar.  JIka kamu ingin membeli sparepart mobil dengan kualitas original kamu bisa beli di mobilkoreapart.com.