by

Mengenal Stunting Pada Anak dan Cara Mencegahnya

Bagi sebagian orang mungkin sudah pernah mendengar yang namanya stunting pada anak, stunting merupakan salah satu kondisi yang sangat serius pada anak dan ditandai dengan tinggi badan anak yang tidak bertumbuh serta dibawah rata-rata anak pada umumnya. Masalah stunting sering di jumpai pada anak dan merupakan salah satu isu penting dalam Kesehatan anak serta menjadi perhatian besar bagi semua orang, masalah stunting biaanya akan ditemui ketika tumbuh kembang anak yang sangat sulit dan tidak ada pertumbuhan tinggi badan seperti anak pada umumnya. Masalah stunting ini merupakan salah satu kondisi yang sangat penting karena bisa mempengaruhi gangguan kecerdasan karena kurangnya gizi.

Masalah anak stunting akan sangat mempengaruhi kehidupan si anak jika tidak segera di tangani, hal ini biasanya terjadi karena kurangnya asupan gizi pada anak dalam jangka waktu yang cukup panjang. pertumbuhan tinggi badan anak yang tidak normal seperti anak pada umumnya bisa disebut sebagai stunting, selain kekurangan gizi ada banyak penyebab munculnya masalah stunting pada anak dan tentunya anda sebagai orang tua harus berhati-hati dan waspada. Faktor lingkungan juga menjadi salah satu hal penting dalam masalah stunting, biasanya bila anak berada di lingkungan yang kekurangan makanan yang bergizi dan air bersih maka akan berisiko pada Kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Setiap penyebab stunting pada anak pasti bisa dihindari jika anda sebagai orang tua tahu tentang penyebab adanya masalah stunting tersebut, untuk itu anda harus mempelajari cara mencegah stunting pada anak seperti di bawah ini.

Cara Mencegah Stunting Pada Anak

Memenuhi Nutrisi Anak

Yang pertama untuk mencegah anak mengalami masalah stunting anda harus memenuhi nutrisi anak dengan optimal. Memberikan nutrisi yang lengkap dengan asupan gizi yang baik akan membuat anak terhindar dari stunting, anda harus bisa menyeimbangkan makanan yang sehat dan bergizi untuk anak. Selain itu anda juga bisa memberikan susu bernutrisi yang sesuai dengan usia anak, susu memiliki banyak manfaat dan sangat cocok untuk menjaga Kesehatan tubuh.

Mengatasi Anak yang Susah Makan

Selanjuntya yang menjadi salah satu hal penting dalam mencegah stunting, anda harus bisa mengatasi masalah susah makan pada anak yang sering terjadi. Jika anak susah untuk makan maka akan menajdi penyebab pemicnya gizi buruk, karena tidak ada asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh anak. Anda bisa coba untuk memberikan makanan yang bervariasi dan tentunya sehat untuk di makan, memberikan minuman yang sehat seperti susu dan lainnya agar gizi tetap seimbang.

Menjaga Kebersihan

Dalam upaya mencegah stunting pada anak, menjaga kebersihan menjadi salah satu hal penting yang harus di perhatikan. Lingkungan yang buruk akan menajdi pemicu bagi Kesehatan anak, oleh karena itu seluruh keluarga harus menjaga kebersihan dan mempraktikan kebersihan yang tepat. Dengan menjaga kebersihan anak merasa nyaman dan tentu akan terhindar dari stunting, anda bisa memulainya dari mencuci tangan dengan sabun agar tetap bersih.

Melakukan Konsultasi

Dalam mencegah masalah stunting anda sebagai orang tua harus memperhatikan semua kegiatan yang anak lakukan, sealin itu anda juga harus memberikan makanan bergizi setiap harinya. Jika sudah melakukan semuanya anda juga harus melakukan konsultasi Kesehatan anak secara rutin kepada tim layanan Kesehatan agar bisa membantu anda dalam memeriksa Kesehatan pada anak, selain itu dokter juga akan memberikan saran terbaik untuk Kesehatan tubuh anak anda.