Mengenal Tes Kehamilan tanpa Testpack, yang Bisa Mums Lakukan dengan Mudah di Rumah

Saat Mums mulai terlambat datang bulan, atau badan terasa mudah lelah, serta emosi naik turun, bisa jadi itu menandakan Mums sedang berbadan dua. Tidak ada salahnya, jika Mums melakukan tes kehamilan. Bahkan, Mums bisa mencoba dahulu tes kehamilan secara alami dengan menggunakan bahan-bahan di sekitar Mums, jika masih ragu-ragu untuk menggunakan testpack.

Tes Kehamilan tanpa Testpack

Yuk, simak beberapa caranya berikut ini.

1. Gula

Gula bukan saja bermanfaat sebagai pemanis makanan dan minuman, ternyata juga mengandung kegunaan lain. Salah satunya untuk menguji kehamilan sederhana. Caranya, tampung urine pertama di pagi hari lalu campurkan dengan dua-tiga sendok gula. Diamkan beberapa saat. Jika hasilnya menunjukkan gula larut, artinya Mums masih negatif. Sebaliknya, jika terjadi penggumpalan, artinya Mums telah positif hamil.

2. Garam

Mirip caranya dengan gula. Tampung urine pertama dengan garam, dan tunggu sejenak. Jika larutan tersebut menghasilkan warna seputih susu, artinya Mums telah positif mengandung. Hal itu disebabkan, hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang lazim meningkat pada ibu hamil, bereaksi dengan NaCl (garam).

3. Pasta Gigi

Sebagai penguji kehamilan alami, Mums bisa pilih pasta gigi yang berwarna putih. Lalu tetesi dengan urine pertama pagi hari, aduk rata, diamkan sesaat. Jika Mums positif hamil, maka campuran tersebut akan berubah menjadi biru dan berbusa.

4. Sabun

Sabun juga bisa dimanfaatkan sebagai penguji alami kehamilan, Mums. Campurkan sabun apa saja dengan sedikit air hingga berbusa tidak terlalu banyak. Lalu, campur air sabun tersebut dengan urine pertama Mums. Jika campuran tersebut menghasilkan busa yang cukup banyak, itu artinya Mums telah berbadan dua.

5. Baking Soda

Baking soda ternyata telah diklaim bisa memberikan keakuratan hingga 70 persen sebagai uji kehamilan secara alami. Caranya cukup sederhana, campur dua sendok baking soda dengan urine pagi Mums. Jika terjadi reaksi bunyi mendesis, itu berarti Mums telah positif mengandung.

Pengujian alami dengan bahan-bahan sederhana tersebut tentu saja tidak bisa menggantikan keakuratan dari pemeriksaan lengkap oleh dokter atau bidan, ya Mums. Jika Mums dan pasangan masih ragu-ragu, bisa segera saja mengunjungi tenaga kesehatan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat atau bisa dengan aplikasi kandungan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *