by

Olahraga Ibu Hamil untuk Mempersiapkan Persalinan

Olahraga adalah salah satu persiapan bagi ibu hamil untuk mempersiapkan persalinan. Dengan berolahraga yang benar dapat membantu menempatkan bayi pada posisi yang benar dan optimal untuk persalinan.

Waktu yang dianjurkan untuk olahraga kehamilan pada saat usia kandungan mencapai hamil 24 Minggu. Untuk yang masih hamil muda masih belum dianjurkan untuk melakukan olahraga. Perlu diingat sebelum melakukan olahraga ibu hamil sangat dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan anda.

Olahraga Terbaik Untuk Mempersiapkan Persalinan

Olahraga Ibu Hamil untuk Mempersiapkan Persalinan

  1. Duduk Dengan Benar

Duduk dengan Benar adalah salah satu bentuk olahraga yang disarankan untuk persiapan persalinan. Mengapa demikian? Karena pada saat ibu hamil melakukan duduk dengan benar akan memperkuat otot inti dan menyetabilkan punggung anda.

Cara terbaik duduk untuk ibu hamil adalah dengan duduk tegak dan tidak menyender ke belakang, atau anda bisa duduk di kursi tanpa sandaran. Selain kursi anda juga bisa menggunakan bola besar untuk melakukan olahraga ini. Pastikan bola yang anda duduki cukup padat dan tinggi supaya posisi duduk anda akan tetap tinggi dari lutut yang menekuk. Selain dua metode tadi anda juga bisa melakukan dengan cara duduk bersila yang bertujuan membantu mendorong laju rahim anda, dengan cara regangkan kaki dan pinggul anda lebih jauh.

  1. Senam Kegel

Senam Kegel juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil, karena senam ini dapat menargetkan otot dasar panggul dan organ panggul. Organ panggul yang dimaksud adalah vagina, uretra, serviks, rahim, kandung kemih, usus halus dan rektum. Organ organ tersebut ada di bawah tekanan besar selama kehamilan sehingga bayi akan terus berkembang di rahim.

Mempunyai otot panggul yang baik membantu anda dalam proses persalinan. Oleh karena itu senam kegel sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

  1. Yoga

Yoga salah satu olahraga yang aman bagi ibu hamil karena yoga lebih berfokus pada pemanasan saja. Dengan melakukan pose, peregangan dan yoga untuk ibu hamil membuat anda membuang pikiran negatif. Hal ini yang dibutuhkan untuk persiapan persalinan yang baik.

  1. Pelvic Rock atau Pelvic Tilt

Olahraga ini sangatlah sederhana karna anda cukup melakukan membuat pinggul kendur dan pinggang bawah lentur. Untuk olahraga ini bisa dilakukan untuk anda yang masih hamil muda sampai anda memasuki persalinan.

Pada saat hamil anda memasuki usia 30 minggu lakukan pelvic rock pada saat anda merasakan bayi anda bergerak. Hal ini bermanfaat mengembalikan bayi pada posisi yang benar. Olahraga ini sebaiknya dilakukan 3 kali sehari dengan waktu selama 20 menit.

  1. Squat

Melakukan olahraga squat bertujuan untuk membuka jalan panggul dan memungkinkan lebih lebar untuk ruang bayi pada saat turun.

Olahraga yang bisa di sebut juga dengan nama wall slide sangatlah berguna bagi ibu hamil. Olahraga ini dilakukan dengan cara berdiri dan punggung tegak menempel di dinding, dengan jarak antara kaki dan dinding sejauh 15 cm, dan lengan rileks di kedua sisi. Dengan santai turunkan tubuh ke posisi jongkok selama lima sampai sepuluh detik. Kemudian geser pinggang anda ke posisi berdiri, ulangi langkah tersebut selama sepuluh kali.

  1. Peregangan Punggung

Bila ibu hamil melakukan olahraga ini maka akan meregangkan sepanjang tulang belakang dan bahu. Olahraga ini pun berfungsi membantu meredam otot kaku selama melakukan persalinan.

Cara melakukan olahraga ini adalah anda berdiri dan menghadap ke dinding selanjutnya tekuk tubuh anda membentuk sudut 90 derajat. Diusahakan punggung anda harus rata dan kaki anda juga harus lurus. Tangan yang menempel pada dinding harus lebih tinggi dengan bahu. Usahakan kepala anda tetap rileks dan tetap menatap ke lantai seperti saat anda menekuk badan anda.

Selanjutnya tekan tangan ke dinding sampai anda merasakan adanya tarikan di punggung sampai belakang kaki. Lakukan dan tahan selama 10 detik dan kemudahan kembalikan pinggang anda pada posisi semula. Dapatkan Buku Cara Cepat Hamil Disini.

Comment

News Feed