by

Pantangan Saat Melakukan Perawatan Rambut Ketombe yang Harus Anda Tau

Semua orang pasti kurang percaya diri berhadapan dengan orang lain saat  rambutnya berketombe. Masalah ketombe ternyata bukan hanya disebabkan oleh kulit kepala yang kotor, namun bisa juga karena pola dan gaya hidup Anda yang kurang baik. Mau tau bagaimana pantangan yang harus dijalani saat melakukan perawatan rambut ketombe? Simak saja informasi berikut ini.

4 Hal yang Harus Dihindari Para Pemilik Masalah Rambut Berketombe:

  1. Keramas Setiap Hari

Banyak orang yang berfikir bahwa semakin sering keramas, maka kulit kepala dan rambut bisa jadi bersih dan ketombe bisa hilang. Padahal dengan semakin sering Anda keramas, maka kandungan bahan kimia di shampo bisa menghilangkan sebum atau minyak alami pada kulit kepala. Akibatnya kulit kepala justru bisa jadi kering dan rambut gampang rontok.

  1. Mengabaikan Kondisioner

Banyak pula yang beranggapan bahwa rambut yang berketombe tidak bisa diberikan treatment dengan kondisioner. Padahal faktanya kandungan nutrisi pada kondisioner bisa membantu menyehatkan folikel rambut dan memberikan kelembaban di kulit kepala. Jika kulit kepala lembab, maka sel-sel kulit mati yang mengelupas pun bisa mudah hilang.

  1. Mengabaikan Pentingnya SPF

Siapa bilang SPF atau krim tabir surya hanya digunakan untuk kulit saja? Kulit kepala pun seharusnya diperlakukan layaknya bagian kulit lain pada tubuh. Jadi jika Anda memiliki rambut pendek, jangan lupa untuk selalu mengoleskan krim SPF untuk memberikan perlindungan kulit kepala dari bahaya sinar matahari.

  1. Mengabaikan Adanya Infeksi Jamur

Jika Anda punya masalah ketombe yang terus menerus muncul padahal sudah menggunakan produk khusus untuk problem ini, maka Anda harus waspada terhadap kemungkinan resiko jamur atau penyakit dermatitis seboroik (penyakit borok). Biasanya kulit kepala yang terinfeksi jamur atau mengalami borok akan menunjukkan tanda-tanda berupa rasa gatal berlebihan dan juga bersisik.

Jika Anda benar-benar mengalami masalah ini, maka shampo khusus perawatan rambut ketombe tidak akan bisa mengatasi penyakit ini. Anda harus segera mengunjungi dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Dokter juga akan memberikan resep obat untuk mengatasi infeksi jamur atau borok yang dialami.

Comment

News Feed