by

Peluang Bisnis UKM yang Paling Menguntungkan, Perlu Anda Coba

memang menjadi salah satu pilihan alternatif bagi para pelaku bisnis yang terbentur oleh ketersediaan modal. Bagi anda yang memiliki keterbatasan modal dan ingin memulai berbisnis bisa memilih berbagai jenis peluang bisnis UKM berikut ini. Namun jangan dianggap remeh, kenyataannya banyak dari mereka yang menekuni bisnis UKM justru mengalami keberhasilan.

Ketersediaan modal memang masih menjadi salah satu penghambat masyarakat untuk menjalankan usaha mandiri. Perlu anda ketahui bahwa untuk menjalankan bisnis tidak harus membutuhkan modal besar, karena anda bisa mencoba beberapa bidang bisnis UKM dengan modal mulai dari Rp 1 juta. Apa saja peluang usaha bisnis UKM tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Peluang Bisnis UKM yang Paling Menguntungkan

Bisnis UKM di Indonesia saat ini sedang menjadi perhatian khusus pemerintah karena kategori bisnis ini mampu menggerakkan ekonomi menengah hingga bawah. Lalu apa saja bisnis usaha kecil menengah yang paling menguntungkan untuk dijalankan? berikut ini ulasannya.

1. Peluang Bisnis UKM Bidang Kuliner

Bidang bisnis UKM pertama yang menjadi incaran para pelaku bisnis adalah di bidang kuliner. Ya.. kuliner yang berkaitan dengan makanan akan selalu menjadi bisnis yang menggiurkan karena selalu dicari oleh masyarakat.

Bisnis UKM di bidang kuliner ini sendiri ada banyak macamnya antara lain:

  • Kuliner makanan ringan (camilan) – contohnya keripik, peyek dan lainnya.
  • Kuliner minuman – contohnya es teler, es coklat, es campur dan lain sebagainya
  • Hingga kuliner makanan pokok – contohnya pecel lele, nasi goreng dan lainnya.

Dan semua kategori bisnis kuliner tersebut sama-sama memiliki peluang dan prospek yang bagus untuk Anda jalankan sebagai usaha skala besar atau skala kecil (UKM). Saat ini sudah banyak sekali berbagai bisnis kuliner di Indonesia yang telah sukses dan memiliki banyak cabang di berbagai wilayah.

2. Peluang Bisnis UKM Bidang Fashion

Selanjutnya anda bisa menekuni bisnis UKM di bidang fashion. Bidang ini merupakan bidang bisnis yang selalu diminati masyarakat karena fashion merupakan produk primer untuk memenuhi kebutuhannya. Fashion sendiri mempunyai prospek yang sangat bagus jika ditekuni dengan baik. Apalagi dunia fashion selalu mengalami perkembangan yang bagus seiring dengan perkembangan jaman.

Untuk jenis fashion sendiri ada banyak macamnya mulai dari :

  • Fashion pakaian pria atau wanita
  • Fashion pakaian muslim
  • Fashion pakaian model korea
  • Fashion Jilbab atau peci

Itu hanya sekedar contoh kecil saja, masih banyak lagi bisnis fashion yang berkembang saat ini. Anda bisa memilihnya sendiri sesuai dengan hobi atau bakat anda serta wawasan anda.

3. Peluang Bisnis UKM Bidang Pendidikan

Dalam lingkup dunia bisnis UKM, anda bisa mendirikan bisnis di bidang pendidikan antara lain :

  • Membuka kursus
  • Membuka bimbingan belajar
  • Dan membuka lembaga pendidikan non formal lainnya

Membuka lembaga-lembaga non formal ini memang tidak memerlukan dana yang besar. Saat ini banyak lembaga-lembaga pendidikan yang sudah berhasil seperti Ganesha operation ( GO ), ILP dan lainnya. Semakin majunya perkembangan dunia teknologi digital, bahkan saat ini bisnis ini sudah merambah ke bisnis aplikasi ponsel. Jadi pelanggan bisa belajar melalui aplikasi yang sudah diinstall dengan biaya bulanan atau tahunan sesuai kesepakatan

4. Peluang Bisnis UKM Bidang Otomotif

Jika anda hobi dengan dunia otomotif, tidak ada salahnya anda membuka usaha bisnis UKM di bidang otomotif. Otomotif selalu mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, sehingga bisnis ini menjadi salah satu yang perlu anda tekuni.

Mulai bisnis anda dengan membuka toko sparepart yang didampingi dengan menjual helm, serta membuka jasa pencucian motor. Atau juga bisa dengan membuka jasa bengkel untuk menambah kelengkapan usaha anda.

5. Peluang Bisnis UKM Bidang Agrobisnis

Di Indonesia sendiri yang mempunyai tanah subur, mempunyai peluang yang sangat besar untuk menekuni bisnis agrobisnis. Jenisnya antara lain :

  • Pertanian – Hasilnya antara lain padi
  • Perkebunan – Hasilnya antara lain sayur-mayur, buah-buahan, dan lainnya
  • Peternakan – Hasilnya antara lain daging, susu dan telur

Keuntungan yang anda dapatkan dari hasil panen yang diperoleh dari bisnis tersebut. Anda bisa mempelajari caranya melalui bimbingan-bimbingan yang diberikan oleh ahlinya.