by

RS Harapan Kita: Deretan Makanan untuk Ibu untuk Dapatkan Janin Pintar

RS Harapan Kita merupakan rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan untuk perempuan, perinatal dan anak. Rumah sakit ini memiliki nilai cepat, akurat, nyaman dan aman, transparan dan akuntabel, integritas tinggi dan kerjasama tim. Motto rumah sakit ini adalah cepat dalam memberikan pelayanan, tepat waktu, tepat sasaran, sesuai dengan prosedur dan taat aturan, nyaman dan aman dalam memberikan pelayanan kesehatan, pelayanan diberikan secara terpadu antar profesi dalam mencapai total quality management, atau dengan singkat we serve with FACT. Rumah sakti ini memberikan pelayanan yang unggul, pendidikan dan penelitian untuk kesehatan anak dan bunda dengan sumberdaya manusia yang profesional.

Ibu hamil tentu dapat mengunjungi rumah sakit ini dan perlu dijaga. Posisi tidur hamil bukan hal sepele, dimana janin yang semakin besar akan menentukan posisi tidur sang ibu. Hal ini juga dikarenakan ibu hamil mengalami kesulitan untuk pergerakan dalam mengubah posisi tidurnya. Untuk ibu hamil maka sebaiknya menghindari posisi terlentang saat berada dalam trimester kedua karena tekanan pada pembuluh akan meningkat dan menghambat peredaran darah menuju janin. Sebaiknya tidur dalam posisi menyamping ke arah kiri dimana sirkulasi darah akan baik ke seluruh tubuh dan membuat posisi lambung dalam keadaan nyaman serta tidak menekan fungsi organ hati pada bagian kanan.

Berikut adalah makanan untuk ibu hamil 7 bulanan diantaranya:

  • Makanan dengan zat besi tinggi untuk memberikan asupan darah yang cukup sehingga ibu tidak mengalami kelelahan, anemia, darah rendah maupun, dengan makan bayam, daging sapi, kurma, kentang, ikan halibut, kacang lima, kismis, edamame, dada ayam.
  • Makanan tinggi protein untuk mendukung bertumbuhnya bayi dan menguatkan kandungan terutama jika terus bertambah besar, dengan makan keju, susu rendah lemak, telur, ikan salmon, selai kacang, ikan salmon, kacang garbanzo dan kacang hitam.
  • Makanan tinggi kalsium untuk mendukung dan membantu pertumbuhan dan pembentukan perkembangan bayi dalam kandungan dengan makan tahu, brokoli, pisang, kale, kacang almond, buah ara, kurma, susu dan jeruk.

Selain itu, makanan tinggi DHA untuk membantu kecerdasan anak dalam kandungan. DHA memiliki kandungan untuk menstimulus otak janin sehingga akan membuat anak tumbuh menjadi anak yang cerdas, dapat mengonsumsi ikan tuna kaleng, ikan makarel, minyak sehat, kuning telur. Makanan tinggi magnesium dengan manfaat untuk mengatasi kerapuhan tulang dan memberikan manfaat sehingga ibu tidak mengalami kram, perut melilit dan nyeri otot dengan makan kacang merah, alpukat, susu kedelai, sereal, kacang mete dan bayam.

Berikut adalah makanan ibu hamil untuk janin yang pintar:

  • Ikan berlemak dengan omega 3 akan membantu perkembangan otak bayi dan usahakan untuk mengonsumsi untuk dua porsi atau lebih per minggu.
  • Sayuran daun hijau akan membantu menjaga otak dari berbagai kerusakan jaringan dan mengurangi cacat saraf maupun cacat jantung serta menghindari bibir sumbing.
  • Blueberry dengan kandungan antioksidan akan membantu perkembangan kognitif janin.
  • Kacang almond dengan kandungan magnesium, omega 3 dan vitamin E untuk mengembangkan kecerdasan.

RS Harapan Kita menyarankan ibu hamil untuk tidak terlalu lama duduk karena berhubungan dengan depresi yang berdampak buruk pada kesehatan mental ibu dan anak. Begitu juga jika terlalu lama berdiri akan membuat pembengkakan pada kaki dan membuat rasa sakit pada punggung sebaiknya memberikan pijatan lembut pada kaki. Sebaiknya ibu hamil tidak berada dengan perokok atau menghisap asap rokok yang menyebabkan bayi lahir prematur dan menderita penyakit asma.

News Feed