by

Selain Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Inilah Beberapa Manfaat Minuman Isotonik

Dalam keseharian, pasti kamu tak asing lagi dengan istilah minuman isotonik, entah itu dari iklan TV, radio atau poster-poster di tempat umum. Terutama apabila bila kamu cukup aktif dalam olahraga, istilah ini tentu sangat populer. Namun, apakah kamu tau sebenarnya minuman isotonik itu apa sih?

Menurut BSN, minuman isotonik itu adalah salah satu produk minuman ringan karbonasi atau non karbonasi untuk meningkatkan kebugaran, yang mengandung gula, asam sitrat, dan mineral. Istilah minuman isotonik ini biasa digunakan untuk minuman yang memiliki nilai osmolaritas yang mirip dengan cairan tubuh (darah), yaitu sekitar 280 mosm/Kg air. (1)

Kata isotonik ini sendiri berasal dari kata iso (sama) dan tonik (tekanan). Jadi dengan kata lain minuman isotonik adalah minuman yang memiliki tekanan sama dengan cairan tubuh. Fungsi minuman isotonik bagi tubuhmu itu sama dengan fungsi air yang pada umumnya dikonsumsi pada sehari-hari.

Setiap harinya, manusia manusia membutuhkan asupan air minimal 2 liter. Nah, kita sebagai orang yang tinggal di Indonesia,negara dengan iklim yang terbilang tropis ini, dapat kehilangan 2-3 liter per harinya.

Agar tubuh dapat terpenuhi kebutuhan cairannya, kita harus selalu menjaganya dengan minum air. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa fungsi minuman isotonik di dalam tubuh sama dengan fungsi air minum biasa namun yang membedakannya adalah kecepatan rehidrasinya.

Air putih atau air minum yang biasa dikonsumsi memiliki kemampuan rehidrasi yang lebih lama dibandingkan dengan minuman isotonik. Menurut penelitian, orang yang diberikan minuman isotonik kecepatan rehidrasinya mencapai 73% sedangkan air putih hanya 65%. (1)

Kapan kita membutuhkan minuman isotonik?

Minuman isotonik mengandung berbagai mineral yang diperlukan tubuh seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium,karbohidrat, vitamin dan sebagainya. Manfaat utama dari minuman ini adalah untuk segera mengganti cairan tubuh yang hilang yang dikenal dengan mengganti ion atau elektrolit tubuh yang hilang.

Aktivitas berat dan olahraga baik aerobik maupun anaerobik tentunya membutuhkan energi yang besar dan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Hal ini terjadi karena tubuh mengalami panas saat beraktivitas dan untuk mendinginkan suhu tubuh, maka dikeluarkan keringat. Keluarnya cairan dari dalam tubuh baik yang berupa keringat, urin dan uap saat respirasi apabila tidak segera diganti maka akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan.

Minuman isotonik dapat digunakan pada kondisi yang demikian untuk cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas dan olahraga tersebut. Minuman isotonik juga baik dikonsumsi saat tubuh mengalami kekurangan cairan akibat diare dan bisa dikatakan bahwa minuman isotonik fungsinya hampir sama dengan oralit. Namun, jika dikonsumsi dalam kondisi sedang tidak melakukan aktivitas fisik berat yang sampai mengeluarkan banyak keringat, atau mengalami dehidrasi akibat diare kandungan ion di dalam minuman ini tak memberikan efek berarti. Karena, dalam keadaan normal tubuh tidak membutuhkan zat-zat elektrolit tersebut dan pada akhirnya kandungan mineral pada minuman ini tidak dimanfaatkan tubuh.

Selain air, minuman isotonik mengandung gula, garam, dan elektrolit lain. Minuman ini biasanya dikonsumsi oleh para atlet yang melakukan aktivitas fisik dengan intensitas tinggi. Dalam kondisi ini, manfaat minuman isotonik adalah untuk memberikan energi dan stamina yang lebih prima.

Energi yang didapatkan dari minuman isotonik diperoleh dari karbohidrat di dalamnya. Karbohidrat berasal dari gula sederhana, seperti glukosa. Umumnya, minuman tersebut mengandung 6-8% karbohidrat atau sekitar 14 gram gula dalam 240 mL minuman isotonik. Selain gula, minuman isotonik juga mengandung elektrolit seperti magnesium, natrium, dan kalsium untuk mengganti elektrolit yang hilang dari keringat dan urine.

  1. Rehidrasi

Atlet dan orang-orang yang cenderung banyak berolahraga, berkeringat deras selama ini. Tubuh mereka perlu diisi ulang oleh cairan yang mengandung vitamin dan mineral penting. Minuman isotonik mengandung mineral dan vitamin yang membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang dan menghindari dehidrasi, sehingga kamu bisa kembali berolahraga. (2)

  1. Variasi untuk asupan pilihan minuman kamu

Minum air selama atau setelah berolahraga sangat penting. Tetapi ada kalanya air menjadi terlalu membosankan dan melelahkan bagi sebagian orang. Mengkonsumsi minuman isotonik adalah perubahan kecepatan yang baik dari air. (2)

  1. Mereka penuh dengan karbohidrat

Minuman isotonik adalah cara yang sangat baik untuk mengisi bahan bakar tubuh kamu dengan karbohidrat. Untuk atlet dan orang yang aktif secara fisik, tubuh harus memiliki jumlah karbohidrat yang baik, karena karbohidrat adalah sumber energi terbaik. Saat berolahraga dan berolahraga, tubuh cenderung kehilangan energi. Minuman isotonik membantu menggantikan energi itu sehingga seorang atlet dapat terus maju dan tampil lebih baik. Dalam pengertian ini, minuman isotonik lebih baik daripada air, karena air tidak memiliki karbohidrat di dalamnya. (2)

  1. Dapat dicerna dengan mudah

Minuman isotonik tidak sulit dicerna sama sekali. Bahkan, lebih mudah dicerna daripada makanan. Dibandingkan protein bar, minum minuman isotonik karena protein bar akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Terutama sebelum pertandingan atau kompetisi ketika tubuh penuh kecemasan, minuman isotonik akan jauh lebih baik daripada protein bar. (2)

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Karena minuman isotonik termasuk ke dalam kategori sport drinks karena zat yang terkandung di dalamnya dibutuhkan orang dengan aktivitas berat seperti berolahraga, Minuman isotonik dapat dikatakan serupa dengan cairan tubuh karena memiliki kandungan gula dan garam yang kepekatannya sama dengan cairan tubuh, sehingga minuman isotonik seringkali disebut sebagai minuman pengganti cairan tubuh. Dengan fungsinya yang seperti ini, minuman isotonik bisa meningkatkan daya tahan tubuh. (2)

Itulah tadi penjelasan tentang berbagai manfaat minuman isotonik untuk kesehatan tubuhmu. Untuk minuman isotonik yang mengandung elektrolit yang baik, pastikan kalau kamu mengkonsumsi Mizone, ya! Sebagai minuman isotonik dengan kandungan vitamin B, Mizone bakal Bantu Badan Siap Lanjut Terus!

  1. https://www.halodoc.com/artikel/fakta-di-balik-minuman-isotonik
  2. https://www.healthkart.com/connect/health-benefits-of-isotonic-drinks/bid-5056

News Feed