by

Tips Mencari Pinjaman Online yang Aman dan Terpercaya

Melakukan pinjaman online saat ini sudah bukan hal asing lagi. Banyak sekali situs maupun aplikasi penyedia layanan pinjaman online yang bisa dituju untuk mendapatkan kemudahan ini. Meminjam dana secara online memang memiliki banyak sekali keunggulan yang membuat banyak orang tertarik. Mulai dari proses yang terbilang sangat mudah dan cepat, juga sangat praktis karena bisa dilakukan melalui aplikasi online maupun situs online. Tanpa harus keluar rumah, pengajuan pinjaman dana tunai tanpa jaminan yang dilakukan secara online bisa diproses dan cair dalam hitungan hari.

Meskipun sudah banyak orang yang mengandalkan layanan pinjaman online ketika membutuhkan dana, namun tidak sedikit juga masyarakat yang ragu untuk meminjam secara online. Hal ini lantaran maraknya kasus penipuan yang berkedok pinjaman online. Hal ini tentu memberikan rasa khawatir ketika ingin melakukan pinjaman online. Padahal jika cukup jeli banyak juga layanan pinjaman online saat ini yang sudah terpercaya dan bisa membantu Anda ketika terdesak kebutuhan dana tanpa perlu khawatir mengalami hal buruk di kemudian hari.

Agar Anda bisa melakukan pinjaman dana tunai online tanpa jaminan secara aman, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Pastikan layanan pinjaman online yang bersangkutan sudah terdaftar di OJK.

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) merupakan pihak yang berwenang dalam mengatur dan mengawasi aktivitas lembaga keuangan di Indonesia. Sehingga suatu layanan pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK sudah aman dan terpercaya jika ingin melakukan pinjaman dana. Oleh karena itu, pastikan ketika Anda akan melakukan pinjaman online untuk mengecek hal ini terlebih dahulu.

  • Pastikan bunga pinjaman transparan dan tidak terlalu tinggi.

Sebelum melakukan pinjaman online, cek terlebih dahulu besaran bunga yang ditetapkan. Jika layanan pinjaman online yang Anda tuju menetapkan bunga hingga 1% per hari atau 30% per bulan, sebaiknya Anda urungkan untuk meminjam dari tempat tersebut. Karena OJK menetapkan untuk perusahaan fintech tidak menetapkan bunga lebih dari 0,8% per hari.

  • Ketahui persyaratan yang harus dipenuhi.

Dibandingkan dengan meminjam dana secara konvensional di bank, meminjam secara online terbilang lebih mudah persyaratannya. Untuk persyaratannya biasanya berupa kartu identitas diri, NPWP, dll. Jika ada jenis persyaratan yang cukup ganjil, seperti foto kredit bolak-balik, maka sebaiknya Anda tidak meneruskan ke proses meminjam karena sudah jelas suatu penipuan.

  • Ketahui biaya lain yang dikenakan ketika melakukan pinjaman.

Jangan langsung tergiur meminjam online lantaran proses mudah dan cepat cair saja. Sebaiknya cari tahu mengenai biaya-biaya lain yang menyertai ketika meminjam online. Biaya-biaya lain ini harus jelas diberitahukan sejak awal dan Anda harus memahaminya terlebih dahulu. Adapun biaya yang sering muncul ketika melakukan pinjaman online, seperti provisi, biaya administrasi, denda, dan penalti.

  • Pastikan keamanan dan kerahasiaan data konsumen terjamin.

Untuk menghindari resiko penyalahgunaan data pribadi Anda, sebaiknya baca secara teliti mengenai kebijakan privasi yang berlaku di situs atau penyedia layanan pinjaman online yang bersangkutan.

  • Pahami resiko menunggak pinjaman online dari situs online tersebut.

Suatu layanan pinjaman online terpercaya pastinya akan menerapkan proses penagihan yang sesuai dengan peraturan dari OJK. Maka dari itu, sebaiknya cari tahu bagaimana cara dan proses penagihan yang dilakukan oleh fintech tersebut.

Mengingat banyaknya layanan pinjaman dana tunai tanpa jaminan yang bisa didapatkan secara online, maka pastikan sudah terpercaya dengan sudah terdaftar di OJK. Setelahnya Anda bisa mempertimbangkan dengan melakukan berbagai tips di atas. Maucash bisa menjadi layanan pinjaman online saat ini yang sudah terpercaya dan memberikan kemudahan bagi para konsumennya.

News Feed