by

Tips Mengatur Keuangan yang Mudah untuk Anak Muda

Kebanyakan orang biasanya akan menghabiskan uang yang dihasilkan secara foya-foya pada masa awal bulan, dan mulai berhemat di saat akhir bulan. Di saat akhir bulan, pengeluaran akan berusaha sangat di hemat karena uang gaji yang diterima mungkin sudah habis saat berada di masa akhir bulan. Pastinya, Anda tentu tidak ingin terus-menerus merasakan hal seperti ini. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi, berikut adalah

  1. Berlatih Untuk Menabung

Jangan segan untuk menabung meski hanya terkesan receh. Cara mengatur finansial rumah tangga ini mungkin tampak sangat sepele, namun menerapkan anggaran untuk tabungan akan memaksa Anda untuk berhemat.

Anda bisa memulai dengan jumlah kecil, seperti 2 ribu sampai 10 ribu per harinya. Terapkan prinsip sedikit demi sedikit menjadi bukit. Jika dilakukan secara rutin, biaya yang telah terkumpul adalah hasil upaya yang layak untuk diperjuangkan. Bahkan tak sedikit yang akan merasa terbantu dengan tambahan biaya tabungan yang semakin hari semakin besar. Secara tidak langsung, Anda pun akan berusaha untuk menyisihkan uang dari kelebihan anggaran untuk kebutuhan bulanan rumah tangga dan mulai berhemat.

  1. Membatasi Pengeluaran

Anda juga bisa memulai untuk membatasi aktivitas yang bersifat konsumtif. Hal paling sederhana adalah mengurangi kebiasaan untuk makan di luar dan jajan. Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros ini paling efektif untuk upaya menghemat pengeluaran setiap bulannya. Bahkan, Anda pun dapat mengurangi aktivitas belanja produk-produk yang tidak perlu atau sekedar jalan-jalan ke mall.

  1. Merencanakan Belanja Bulanan Secara Matang

Sempat disinggung tentang belanja, memang benar kebutuhan ini tidak akan bisa dihilangkan begitu saja. Karena itulah Anda harus bijak dalam merencanakan anggaran yang akan digunakan. Hindari nafsu untuk memenuhi keinginan membeli barang yang tidak diperlukan. Jika perlu, catat dengan detail segala kebutuhan dan perkiraan biayanya. Jangan takut untuk memberi catatan secara mendetail. Hal ini karena Anda akan tahu manakah hal yang harus dibutuhkan atau tidak. Anggap saja dengan menuliskan rincian kebutuhan primer dan tersier.

Jika perlu, Anda pun harus pintar mencari taktik. Gunakan dengan baik kesempatan diskon, gratis ongkir, membeli grosir terutama untuk beli produk yang tahan lama.

  1. Memiliki Catatan Keuangan

Agar keuangan Anda dapat terkontrol, maka hal yang penting untuk dilakukan adalah catat pengeluaran Anda. Dengan begitu Anda akan tahu kemana uang yang Anda gunakan, alokasi apa yang paling banyak, dan lebih waspada ketika ingin membelanjakan hal yang kurang penting.

Anda dapat juga dibantu dengan adanya aplikasi BRI mobile banking terbaru yang memiliki fitur keren untuk membantu Anda mengelola keuangan. Melalui fitur ini jumlah pendapatan dan pengeluaran Anda dalam satu rekening dapat tercatat dengan mudah sehingga Anda dapat mengetahui apa saja yang Anda keluarkan. Fitur ini adalah Fitur Personal Financial Management pada aplikasi BRImo. Bagi Anda yang ingin memulai mengatur keuangan sangat cocok mencoba fitur terbaru dari BRImo ini.

News Feed