by

Tips Pencegahan Penyakit Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang dikenal luas oleh masyarakat dan merupakan penyakit yang umum diderita oleh masyarakat pada musim tertentu. Penyakit ini disebut dengan DBD atau demam berdarah dengue yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Penyakit ini mempunyai gejala yang khas yaitu suhu tubuh tinggi dan panas disertai dengan nyeri sendiri, sakit kepala, tulang, otot, dan juga sakit yang berada di area belakang mata. Untuk penyebab dari penyakit ini adalah karena gigitan nyamuk di lingkungan yang kurang bersih. Sehingga langkah pencegahan yang dilakukan bisa dengan melakukan berbagai tips seperti berikut ini:

  • Menguras bak mandi

Hal pertama yang dapat dilakukan sebagai tips pencegahan penularan demam berdarah adalah dengan menjaga kebersihan bak mandi. Seperti tips 3M yang salah satunya adalah dengan menutup sumber air yang tergenang, Anda juga harus menjaga kebersihan dari bak mandi yang ada di dalam rumah. Oleh karena itulah penting untuk melakukan menguras bak mandi yang merupakan tempat genangan air di dalam rumah. Dengan melakukan pengurasan tersebut dapat menjaga sumber air yang tetap bersih dan terhindar dari sarang nyamuk aedes aegypti untuk berkembang biak. Pengurasan bak mandi sendiri idealnya dilakukan 8 hingga 10 hari sekali dan tetap menjaganya dalam suhu ruang.

  • Memasang kelambu nyamuk

Tips mudah selanjutnya yang bisa dilakukan sebagai pencegahan penyakit demam berdarah di rumah adalah dengan memasang kelambu nyamuk. Selain membersihkan sumber genangan air baik bak mandi, pot bunga, ember, dan lainnya yang menjadi tempat air, hal lainnya adalah dengan melakukan pencegahan yaitu memasang kelambu nyamuk. Dengan memasang kelambu nyamuk maka dapat untuk menghalangi nyamuk untuk masuk dari luar. Pasanglah kelambu tersebut di kamar tidur agar Anda dapat tidur dengan tenang dan terhindar dari gigitan nyamuk.

  • Jangan menumpuk baju terlalu lama

Tips mudah selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghindari penyakit demam berdarah adalah dengan tidak menumpuk baju dan juga menggantung baju terlalu lama. Hal ini merupakan salah satu kebiasaan setelah baju digunakan tetapi tidak sampai kotor. Sehingga agar bisa digunakan lagi maka baju tersebut digantung terlebih dahulu. Gantungan baju tersebut dapat untuk membuat nyamuk datang karena nyamuk yang menyukai aroma dari tubuh manusia. Oleh karena itulah pastikan untuk menyimpan baju di lemari atau di tempat yang bersih dan juga tertutup untuk menghindari nyamuk.

  • Menggunakan lotion anti nyamuk

Tips mudah lainnya yang bisa digunakan untuk membuat nyamuk tidak datang ataupun menggigit Anda adalah dengan menggunakan lotion anti nyamuk. Ada banyak lotion anti nyamuk yang bisa dipilih agar tidak digigit nyamuk. Hal tersebut karena lotion tersebut mempunyai aroma dan bahan yang tidak disukai oleh nyamuk. Oleh karena itulah jangan lupa untuk menggunakan lotion anti nyamuk sebelum tidur atau juga ketika berada di tempat yang banyak nyamuk agar bisa menghindari gigitan nyamuk demam berdarah.

  • Membersihkan pekarangan

Dan tips terakhir adalah dengan menjaga rumah tetap bersih dan tidak ideal sebagai tempat nyamuk berkembang biak. Selain menjaga sumber genangan air tetap bersih, hal lainnya adalah dengan membersihkan pekarangan. Bersihkan berbagai macam kumpulan ilalang liar yang ada di pekarangan yang bisa menjadi tempat atau sarang nyamuk. Terlebih ketika musim hujan maka sebaiknya rapikan tanaman yang ada di sekitar rumah agar tidak menjadi tempat nyamuk.

Comment

News Feed