by

Untuk Mpasi Pertama, Makanan Apa Saja yang Bisa Diberikan?

Mpasi atau makanan pendamping ASI acapkali diberikan untuk bayi di usia kisaran 6 bulan. Sebagian besar, khususnya untuk ibu muda yang baru pertama kali melahirkan, bingung mau memberi buah atau sayuran dulu. Memang menu makanan pendamping yang pertama untuk bayi itu beda-beda. Tapi secara garis besar urutannya seperti di bawah ini.

Makanan Pendamping di Pekan Pertama

Saat bayi memasuki usia 6 bulan, sistem pencernaannya mulai bergerak aktif. Ia sudah mampu mencerna makanan selain ASI. Hanya saja, perlu dipilah dan dipilih. Tidak boleh sesuai keinginan Anda, namun wajib menyesuaikan kebutuhan si kecil. Pada pekan pertama, silakan coba kasih buah-buahan seperti alpukat, apel, serta pisang.

Jika masih ragu, silakan konsultasi dulu ke bidan atau dokter ahli setempat. Khusus untuk hari pertama, sebaiknya beri ia satu jenis buah saja. Tapi tetap beri asupan nutrisi dari ASI. Pemberian buah tersebut hanya boleh sekali dalam sehari. Baru setelah memasuki usia 4 hari, Anda boleh mengkombinasikan antara buah dengan air agar mudah ditelan.

Kalau buah yang akan diberikan ke si kecil cukup keras, lebih baik dihaluskan dulu. Bisa dengan sendok atau blender. Tapi jangan dicampur gula. Sedangkan porsi airnya juga tidak boleh terlalu banyak. Soalnya porsi untuk si kecil kan masih sedikit. Sekalian biar nutrisinya tetap terjaga. Buah-buahan sendiri mengandung nutrisi penting seperti kalsium dan serat.

Makanan Pendamping di Pekan Kedua

Ketika Anda rutin memberikan asupan makanan pendamping di pekan pertama, secara kontinu, sistem pencernaan si kecil bergerak stabil. Hanya dalam sepekan saja, ia sudah mampu beradaptasi dengan baik. Oleh karena itu, di pekan kedua, perlu adanya perubahan makan pendamping. Kali ini, Anda boleh memberikan sumber energi lain.

Misalnya dari kentang, nasi merah, umbi, atau sumber karbohidrat lain yang relevan. Biar lebih mudah dikunyah, haluskan dulu hingga menjadi bubur. Jangan lupa tambahkan sayuran sebagai pelengkap untuk kebutuhan gizinya. Mulai dari jagung, buncis, wortel, sampai dengan bayam. Pastikan beli yang organik dan tanpa terkontaminasi pestisida.

Memang harganya lumayan mahal. Tapi efeknya tentu berbeda jauh dibandingkan dengan sayuran yang terpapar pestisida. Akan lebih baik lagi, beli sayuran serta sumber karbohidrat di tempat yang aman dan terjamin mutunya. Sebab, alih-alih untuk sumber energi, nanti malah kekurangan energi jika belinya tidak memerhatikan faktor keamanan.

Makanan Pendamping di Pekan Ketiga

Saat mpasi pekan pertama dan kedua berhasil dilewati, jeda dulu sekitar satu hari. Sebab, di pekan ketiga ini, kadar makanan yang Anda berikan bisa dibilang lebih berat. Tidak hanya nasi, sayur, atau buah, tetapi juga perlu asupan protein tinggi seperti dari daging. Sebab, si kecil juga perlu pertumbuhan secara intensif dalam kurun waktu terbatas.

Pilih mana, bayi Anda tumbuh berisi atau kurus-kering? Pasti lebih suka yang berisi, kan? Tapi pemilihan dagingnya juga perlu hati-hati. Sebaiknya pilih daging yang kadar lemaknya rendah. Setelah si kecil sudah tampak berisi, silakan kurangi porsinya. Bisa diganti dengan menu lain agar si kecil lebih nyaman saat menyantapnya.

Di pekan ketiga ini, banyak-banyaklah mengajak si kecil untuk melihat beragam pemandangan. Secara naluriah, aktivitas tersebut bisa meningkatkan kemampuannya dalam beradaptasi. Jangan lupa pula sering berkumpul dengan ibu-ibu muda lainnya.

Kehadiran mpasi pertama untuk bayi merupakan momen yang sangat krusial. Sebab, pertumbuhan ke depannya bisa dibilang amat tergantung dari langkah awal Anda saat memberikannya makanan pendamping. Kemampuan dalam mencerna perlu diasah sedemikian rupa sebelum ia beradaptasi dengan jenis makanan yang lebih variatif lagi.

Comment

News Feed